Daftar Obat Tidur Tanpa Resep Dokter: dari yang Alami hingga yang Bisa Dibeli di Apotek
Ilustrasi tidur ( Alexandra Gorn on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sulit tidur atau insomnia kadang jadi hal yang mengganggu jika tak diatasi, terlebih jika Anda tengah mempersiapkan momen penting. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat tidur tanpa resep dokter.

Mengatasi insomnia bisa dilakukan dengan bantuan obat tradisional yang diracik sendiri atau bisa mengonsumsi obat kimia. Berikut ini obat yang akan membantu Anda mendapatkan kantuk saat sulit tidur.

Obat Tidur Tanpa Resep Dokter

Mengonsumsi obat untuk membantu Anda tidur nyenyak kadang dibutuhkan. Anda bisa membeli obat insomnia ini di apotek. Namun perlu diperhatikan bahwa cara ini diguakan hanya dalam jangka pendek dan harus diminum sesuai aturan. Adapun obat yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Diphenhydramine

Difenhidramin biasanya digunakan untuk meredakan gejala pilek dan reaksi alergi. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan dan memicu rasa kantuk. Beberapa obat yang mengandung difenhidramin seperti Nytol, Sominex, Sleepinal, Compoz, Excerdin PM, Tylenol PM yang bisa dibeli di apotek.

  1. Doxylamine

Seperti difenhidramin, doxylamine juga mengatasi gejala alergi dan membantu memancing rasa kantuk. Anda bisa membeli obat doxylamine di apotek dengan merk Unisom, Nighttime, Sleep aid.

Obat Tidur Alami

Selain obat yang dibeli di apotek, Anda bisa memicu rasa kantuk dengan bantuan herbal. Cara ini dinilai jadi jalan keluar terbaik untuk Anda yang mengalami insomnia ringan. Adapun obat herbal yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut.

  1. Teh Chamomile

Anda bisa mengonsumsi bunga chamomile dengan menjadikannya sebagai minuman atau teh. Kandungan flavonoid  pada teh chamomile mampu membantu tubuh lebih tenang dan relaks sehingga membantu memicu rasa kantuk.

  1. Bunga Lavender

Wajar saja lavender kerap dijadikan sebagai aroma terapi. Selain wangi, bunga ini ternyata bisa memicu rasa kantuk. Anda bisa menggunakan aroma terapi lavender untuk membuat tubuh lebih tenang sehingga lebih mudah tertidur.

  1. Akar Valerian

Tanaman herbal ini berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia, namun sudah dijual di Indonesia. Salah satu manfaat akar valerian adalah untuk mengatasi gangguan tidur. Anda bisa mendapat khasiat valerian dengan cara menyeduhnya.

  1. Makanan Mengandung Glycine

Glycine adalah asam amino yang berperan penting dalam sistem kerja saraf tubuh. Dalam jurnal sains Neuropsychopharmacology dikatakan bahwa zat ini membantu mengembalikan ritme sirkadian, yaitu jam biologis tubuh yang terkait pola tidur manusia.

Beberapa bahan makanan yang mengandung glycine adalah ikan, daging sapi, kacang kedelai, dan daging ayam.

  1. Makanan Mengandung Melatonin

Zat ini bekerja seperti halnya glycine, yakni hormon yang membantu mendukung kineja ritme sirkadian pada manusia. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengonsumsi jamur, buah ceri, susu, kacang almond, dan kavang kenari. Olah bahan makanan tersebut dengan cara yang benar agar bisa mendapat manfaatnya secara maksimal.

  1. Passion Flower

Bunga bernama latin passiflora incarnata bisa membantu insomnia Anda. Bunga ini mampu membantu Anda mendapatkan SWS atau slow wave sleep. Dengan kata lain,Passion Flower bisa membantu tidur lebih nyenyak.

  1. Pola Hidup Sehat

Meski bukan bagian dari obat, pola hidup sehat juga membantu Anda terhindar dari insomnia. Hidup sehat bisa dimulai dari mengatur pola makan, rajin olahraga, dan menghindari faktor penyebab sulit tidur seperti stres, asupan kafein berlebih atau gangguan kesehatan lain.

Itulah beberapa obat tidur tanpa resep dokter yang bisa Anda coba untuk mengurangi insomnia. Anda disarankan untuk konsultasi dengan dokter untuk mengatasi gangguan sulit tidur akut. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.