5 Alasan Kenapa Orang Tua Tak Boleh Memanjakan Anak
Ilustrasi alasan kenapa orang tua perlu hindari memanjakan anak (Unsplash/Sandy Millar)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memanjakan anak, bisa menyebabkan masalah ketika mereka menginjak dewasa, kata penelitian. Perilaku memanjakan anak, didefinisikan dengan memberikan sesuatu kepada anak-anak untuk memenuhi kebutuhan orang dewasa, bukan kebutuhan mereka, kata profesor emeritus psikologi di Concordia University, David Bredehoft, Ph.D..

Melalui hasil penelitiannya, Bredehoft, menunjukkan bahwa orang tua yang memanjakan anak-anaknya bukan untuk memenuhi kesejahteraan putra-putrinya. Penelitiannya tersebut melibatkan 3.531 orang dewasa untuk menggali pengalaman dimanjakan oleh orang tuanya.

Melansir Psychology Today, Kamis, 18 Agustus, penelitian Bredehoft menemukan bahwa lebih dari setengah responden, atau 57 persen, merasa bahwa pemanjaan berlebihan itu terkait dengan masalah/peristiwa dalam kehidupan orang tuanya. Di antaranya, orang tua merasa bersalah karena terlalu banyak bekerja, kematian anggota keluarga, dan penyakit. Meskipun masih banyak alasan lain orang tua memanjakan anak-anaknya, tetapi ada baiknya mempertimbangkan kembali perilaku ini, kenapa? Ini penjelasan dan alasannya.

1. Anak-anak perlu belajar banyak hal

Memanjakan anak berkaitan dengan membuatnya selalu bahagia atau senang setiap waktu. Padahal banyak sekali yang perlu mereka pelajari, termasuk bisa bahagia tanpa kemewahan materi.

alasan kenapa orang tua tak boleh memanjakan anak
Ilustrasi alasan kenapa orang tua perlu hindari memanjakan anak (Unsplash/Paige Cody)

2. Mengenali keinginan dan kebutuhan

Tak setiap keinginan yang direalisasikan itu dibutuhkan dalam hidup. Melansir VeryWellFamily, penting untuk mengajari anak-anak perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan membatasi memanjakan anak atau bahkan menghindarinya, mempermudah anak-anak untuk mengidentifikasi apa yang paling mereka butuhkan.

3. Lebih menghargai diri sendiri dan relasi yang sehat

Relasi yang sehat tidak tergantikan oleh barang-barang materiil sebagai perwujudan pemenuhan keinginan anak, atau bahkan orang tua. Dengan begitu, anak-anak dan orang tua lebih menghargai kedekatan emosional serta lebih memanfaatkan waktu bersama. Efek positifnya, anak-anak lebih menghargai diri sendiri.

4. Mendidik anak untuk bertanggung jawab

Semakin banyak barang yang dimiliki, semakin besar tanggung jawab untuk merawatnya. Ini kerap luput jadi pertimbangan. Artinya, jika menganggap membelikan banyak barang yang diinginkan anak, maka ubahlah dengan seberapa mampu anak-anak bertanggung jawab dengan apa yang mereka miliki.

5. Memanjakan bisa membuat anak kurang disiplin

Kedisiplinan perlu diajarkan sejak anak-anak usia dini. Ini alasan kenapa perlu mempertimbangkan kembali kalau memanjakan anak, karena dengan memanjakan akan membuat mereka kurang disiplin. Selain itu, orang tua juga perlu bersepakan atau menjelaskan tentang aturan yang perlu ditaati serta diimplementasikan dalam kehidupan.

Itulah penjelasan tentang alasan kenapa orang tua tak boleh memanjakan anak. Untuk mencoba mengontrol perilaku memanjakan, orang tua perlu lebih berwibawa dan mengajari anak keterampilan hidup yang berharga.