Saat Jalani Hubungan Jarak Jauh, Ini 6 Aktivitas untuk Menjaga Keintiman Pasangan Suami Istri
Ilustrasi cara menjaga keintiman pasangan suami istri long distance relationship atau jarak jauh (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pasangan suami istri, menjalani hubungan jarak jauh bisa jadi tantangan tersendiri. Selain perlu menjaga komunikasi tetap terbuka, jujur, dan asertif, pasangan suami istri juga perlu menjaga kehangatan dalan aspek keintiman. Sejumlah pakar memberikan saran agar keintiman tetap membara meskipun dalam hubungan jarak jauh, berikut ini daftarnya.

1. Mengenali hal yang menyenangkan

Andrea  McGinty, pelatih kencan, memberikan saran dilansir Huffpost, Rabu, 22 Juni. Menurutnya, mulai perlahan-lahan dan kenali apa yang menurut Anda dan pasangan menyenangkan serta seksi. Anda dapat memulai dengan teks atau foto genit dan bisa melanjutkan ke pertemuan virtual yang lebih intim.

2. Memanfaatkan lovetoys

Sebutan lain dari sextoys ialah lovetoys, yang menurut seks edukator Zoe Ligon dapat dipakai oleh pasangan suami istri yang sedang berhubungan jarak jauh. Menurutnya, Anda dapat meningkatkan masturbasi bersama dengan mainan seks yang terhubung satu sama lain.

cara menjaga keintiman hubungan jarak jauh
Ilustrasi cara menjaga keintiman hubungan jarak jauh (iStockphoto)

3. Berhubungan secara kreatif

Saran Damona Hoffman, pelatih kencan, manfaatkan koneksi internet secara kreatif untuk menghangatkan keintiman bersama pasangan. Tidak harus yang seksi, katanya. Anda dan pasangan bisa merencanakan malam bermain bersama ataupun menulis surat cinta yang dianggap klise. Pastinya, tetap berhubungan dengan cara-cara yang kreatif.

4. Rencanakan panggilan seksi

Dalam hubungan seksual, sexting dan screen-sex bisa sangat membantu, ungkap Jenni Skyler, terapis seks di The Intimacy Institute. Tambahnya lagi, Anda dan pasangan tentu sudah saling percaya sehingga memungkinkan pesan yang ‘cabul’. Tetapi jika Anda dan pasangan telah melakukannya, artinya kesenangan diri melalui koneksi elektronik bisa menjadi sangat seksi, komentar Skyler.

5. Buat daftar aktivitas untuk bersenang-senang

Bersama pasangan, perlu membuat daftar bersama dalam satu tempat berisi catatan harapan dan aspirasi masa depat. Ini bisa menjaga diskusi tetap hidup dan segar karena banyak daftar yang akan dilakukan bersama. Tujuan dari membuat daftar tersebut antara lain menjaga keintiman dan hal-hal yang ingin Anda coba bersama.

6. Tingkatkan komunikasi dan latih perawatan diri

Menurut pakar hubungan dan keintiman, Ian Lavalley, berbicara tentang seks dan keintiman ketika jarak jauh, membutuhkan kelembutan. Selain itu, jadilah penasaran dan hadir tanpa penilaian apapun. Ia juga mendorong pasangan untuk mengirip pesan teks atau menelepon beberapa kali sehari dan setidaknya satu sesi face time per hari lewat layar gawai ataupun laptop. Ini bertujuan untuk meniru apa yang dilakukan pasangan sehat yang tinggal satu atap.

Disamping itu, setiap orang yang berpasangan perlu mempraktikkan perawatan diri dan pengalaman seksualitas untuk menjaga diri dalam kondisi mental yang positif dan merasa seksi, saran Hoffman. McGinty menambahkan, usahakan tetap rutin berolahraga dan buat ‘menu’ seksual untuk menjaga percikan hasrat tetap hangat meskipun long distance relationship.