Musim Pancaroba Tiba, Ini Tips Jaga Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Musim pancaroba telah tiba. Indonesia merupakan negara tropis, sepanjang tahun ada 2 musim yang akan terjadi, yakni musim panas dan musim hujan. Peralihan musim ini disebut dengan pancaroba. Ketika musim pancaroba tiba, biasanya penyakit akan mudah menyerang.

Hal ini disebabkan karena ketika musim pancaroba tiba. Perubahan suhu dan cuaca yang tidak menentu membuat tubuh kita sulit menyesuaikan kondisi yang berubah-ubah secara drastis tersebut. Terkadang panas dan terkadang hujan deras turun secara tiba-tiba.

Ketika memasuki musim pancaroba seperti saat ini, penting untuk memerhatikan kondisi kesehatan serta menjaga stamina tubuh agar tetap fit dan sehat. Lakukan beberapa hal berikut agar kondisi tubuh tetap terjaga, menyadur HighEnd, Kamis, 16 Juni.

Konsumsi Makanan Bergizi

Saat musim pancaroba tiba, kita butuh asupan makanan bergizi untuk menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit dan meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hindari makanan cepat saji atau junk food. Pastikan makanan yang Anda makan mengandung gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak baik, serat dan vitamin serta mineral.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Mencukupi asupan air putih di musim pancaroba adalah suatu keharusan. Pastikan tubuh tetp terhidrasi. Sebab jika tubuh kehilangan cairan, organ-organ pada tubuh Anda tidak dapat bekerja secara optimal, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Istirahat Cukup

Meski masih banyak yang menyepelekan, istirahat merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan di musim pancaroba. Kekurangan waktu istirahat dan waktu tidur dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga berbagai macam penyakit mudah datang dan menyerang.

Menjaga Kebersihan Tubuh serta Lingkungan

Kebersihan adalah salah satu kunci utama kesehatan. Jika tubuh dan lingkungan kita tidak bersih, virus, bakteri, dan segala macam kuman serta penyakit akan bersarang dan tidak segan-segan menyerang tubuh kita di tengah-tengah cuaca yang tidak menentu ini.

Olahraga

Meski kondisi cuaca sedang tidak bisa diprediksi, pastikan Anda tetap menjaga daya tahan tubuh dengan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga ringan di dalam rumah seperti push up, squat jump, sit up, atau yoga.

Selalu Bawa Jaket dan Payung

Di cuaca yang tidak menentu ini, payung dan jaket sebaiknya menjadi benda yang selalu Anda bawa di dalam tas ketika bepergian ke luar. Sebab hujan dapat turun tanpa terduga-duga bahkan ketika cuaca sedang terik-teriknya.