Bunda Wajib Catat! Begini Cara Mencegah Kelebihan Berat  Badan pada Bayi
Ilustrasi (Freemixer/Istockphoto)

Bagikan:

DENPASAR - Siapapun pastia akan gemas jika melihat bayi dengan tubuh gemuk atau berat badannya melebihi ukuran normal dari usia. Akan tetapi, di balik postur tubuh bayi yang kelebihan berat badan, ada bahaya kesehatan yang mengintainya.

Selama ini, bayi yang gemuk dianggap bayi yang sehat. Gemuknya si Kecil juga dianggap tidak begitu mengkhawatirkan karena hanya sementara. Tetapi nyatanya bayi yang kelebihan berat badan alias obesitas, rentan terhadap banyaknya masalah kesehatan kelak saat ia dewasa.

Sedianya, berat badan ideal bayi di bawah umur 3 bulan adalah 3,4-5,7 kg. bayi umur 4-6 bulan (5,7-7,4 kg), bayi umur 7-9 bulan (8-8,9 kg), dan bayi umur 10-12 bulan bobot idealnya adalah 9,3-9,9 kg. 

Dikutip VOI dari Very Well Family, berikut cara mencegah kelebihan berat badan pada bayi. 

Berikan ASI Eksklusif

Para peneliti menemukan bahwa ASI eksklusif dapat menekan kelebihan berat badan pada anak-anak dengan risiko genetik obesitas yang lebih tinggi. Pemberian ASI eksklusif pada anak hingga usia 5 bulan terbukti dapat menurunkan berat badan si kecil. Efek tersebut berkurang secara signifikan jika ASI eksklusif hanya berlangsung selama tiga bulan atau jika bayi diberi ASI dan susu formula.

Jangan berlebihan memberi makan bayi

Jika tidak ingin anak memiliki berat badan berlebih, alangkah baiknya tidak memberi makan berlebihan pada si kecil. Bayi memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ia akan memberi syarat jika ia lapar, begitu juga saat kenyang.

Biarkan si kecil menyusui selama yang ia inginkan. Jangan khawatir tentang waktu. Waktu yang efisien untuk bayi menyusui yaitu sekitar 15-20 menit. Ada juga yang bertahan selama satu jam atau lebih.  Selama Anda mengikuti isyarat si kecil, frekuensi dan waktu menyusui tak berpengaruh besar terhadap penambahan berat badan berlebih pada si kecil.

Jika memberi susu botol, Anda mungkin tergoda memaksa anak menghabiskan jumlah susu di dalam botol. Tapi, pastikan untuk perhatikan isyarat yang ditawarkan bayi yang memberi tahu Anda bahwa ia sudah kenyang. Dengan perilaku berhenti mengisap, berpaling dari botol, dan mengendurkan pegangan tangan mereka dari botol.

Perbanyak Aktivitas Fisik

Habiskan waktu bermain dengan bayi dan berikan anak aktivitas yang memungkinkan banyak gerakan. Bawa si kecil ke lantai, lakukan tummy time, dorong ia agar bergerak. Buat tempat yang aman bagi mereka untuk menjelajah, belajar berjalan, dan berlari. Ketika ia nanti mulai belajar berjalan, ajak mereka jalan-jalan sesering mungkin, bahkan jika itu hanya mengelilingi penjuru rumah.

Kenalkan makanan padat

Setelah Anda mulai menambahkan makanan padat ke dalam makanan bayi Anda, batasi atau hindari makanan tanpa kalori dan minuman manis. Potongan-potongan kecil buah-buahan yang lembut atau potongan-potongan sayuran yang dimasak menjadi camilan pengantar yang sangat baik. Dengan memperkenalkan anak pada makanan sehat sejak awal, Anda dapat menciptakan dasar untuk kebiasaan makan yang sehat saat mereka tumbuh besar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hati-hati Obesitas, Ini 4 Cara Mencegah Kelebihan Berat Badan pada Bayi.

Selain informasi soal cara mencegah kelebihan berat badan pada bayi, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.