5 Jenis Pembersih Wajah, Kenali yang Paling Sesuai untuk Tipe Kulit Anda
Ilustrasi pembersih wajah sesuai jenis kulit (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membersihkan wajah merupakan rutinitas paling mendasar dalam merawat kulit tetap sehat dan segar. Pembersih yang baik, umumnya bebas pewangi dan tak menyebabkan iritasi. Juga tak membuat kulit Anda kering serta tak memicu breakout.

Pembersih kulit wajah, terdapat beberapa jenis. Beberapa diantaranya dijelaskan dalam poin-poin berikut ini.

1. Sabun muka berbusa ringan

Jika Anda lebih suka produk yang simple pemakaiannya, sabun muka berbusa ringan bisa jadi pilihan. Pembersih dengan mengeluarkan busa, sebagian besar dapat mengangkat sisa makeup. Meskipun untuk menghilangkan riasan mata tetap membutuhkan makeup remover agar seluruhnya terangkat.

Busa dalam setiap produk sabun muka, biasanya diformulasikan secara berbeda-beda. Maka, pilih tekstur yang paling Anda sukai dan sesuaikan dengan tipe kulit Anda. Nah, untuk jenis pembersih ini, paling cocok dipakai untuk tipe kulit kombinasi yang sensitif terhadap jerawat.

2. Pembersih wajah bertekstur gel

Beberapa sabun muka memiliki tekstur gel selain cair. Produk pembersih wajah dengan tekstur gel, umumnya diformulasikan dengan bahan tertentu dan manfaat spesifik. Misalnya mengandung bahan aktif yang mengangkat kotoran sekaligus melembapkan kulit wajah. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit normal, maupun tipe kombinasi yang rawan iritasi, baiknya memilih jenis pembersih wajah dengan tekstur gel.

pembersih wajah sesuai jenis kulit
Ilustrasi pembersih wajah sesuai jenis kulit (iStockphoto)

3. Krim dan losion untuk pembersih muka

Dikenal populer sebagai milk cleanser karena teksturnya kental dan creamy, pembersih ini perlu ditutup dengan toner untuk mengembalikan kesegaran kulit wajah setelah tertutup makeup seharian. Pembersih jenis ini paling tepat dipakai untuk kulit bertipe normal, kering, dan sensitif.

4. Pembersih muka berbasis minyak

Nah, bagi Anda dengan tipe kulit sensitif dan mudah berjerawat, hindari jenis pembersih berbasis minyak. Kulit berjerawat direkomendasikan berbasis air dengan formulasi noncomedogenic yang tak memicu jerawat tambah parah.

Sedangkan pembersih berbasis minyak, bermanfaat untuk pembersih ganda. Jenis pembersih ini bisa dipakai setiap tipe kulit, kecuali kulit berminyak dan mudah berjerawat.

5. Pembersih wajah berbasis air

Apabila Anda suka cara membersihkan wajah dengan menggunakan kapas, bisa memilih jenis pembersih ini. Karena berbasis air dan mengandung surfaktan, micellar water atau dikenal sebagai pembersih wajah berbasis air, dapat mengangkat riasan setelah beraktivitas. Anda tak perlu membilasnya setelah memakai pembersih ini.

Itulah jenis pembersih wajah yang bisa jadi pilihan untuk perawatan rutin sehari-hari. Penting untuk diketahui, hindari membersihkan wajah dengan sabun mandi. Karena kulit wajah lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lain pada tubuh, sabun mandi berbahan terlalu keras jika dipakai untuk wajah. Efeknya bisa membikin kulit wajah kering, pori-pori tersumbat, dan kulit wajah terlihat kusam.