Bantu Penuhi Kebutuhan Serat, Kenali Perbedaan Smoothie Hijau dan Jus Hijau
Ilustrasi (Suzan Hazelwood/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR - Rutin konsumsi minuman smoothie hijau dan jus hijau bisa berdampak baik bagi kesehatan. Konsumsi kedua jenis minuman tersebut bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh, menjaga kadar gula darah tetap normal hingga menjaga daya tahan tubuh . Lantas, apa beda keduanya? 

Perbedaan smoothie hijau dan jus hijau

Pakar nutrisi Farzanah Nasser mengungkapkan perbedaan smoothie hijau dan jus hijau. Menurutnya, smoothie adalah buah atau sayur yang dicampur bersama cairan. Minuman ini penuh serat dan mendukung keseimbangan gula darah serta bisa dijadikan sebagai pengganti makanan karena serat memperlambat gula masuk ke aliran darah dan membuat seseorang kenyang lebih lama. 

"Smoothie juga membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian dan memberi asupan mikroba dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk imunitas dan kesehatan," jelas Nasser, dikutip dari Indian Express melalui Antara

Sedangkan jus adalah mengekstraksi serat dan meminum jusnya saja. Ia mengatakan, jus yang terbuat hanya dari buah bisa menyebabkan masalah gula darah, maka tambahkan lebih banyak sayuran ke dalam jus agar gula darah tidak melonjak. Jus bukanlah pengganti makanan seperti smoothies. 

"Ketika saya sakit dan butuh sesuatu yang menyegarkan, saya memilih jus. Saya juga minum jus ketika butuh nutrisi tertentu, saya minum 30 menit sebelum makan. Itu caranya agar jus bisa diserap sebelum saya makan," kata Nasser. 

Bila ingin mengenyangkan perut, smoothies bisa jadi pengganti makan atau camilan berat, juga sarana mengonsumsi lebih banyak sayuran. 

"Keduanya bagus dan bisa dinikmati sebagai bagian dari pola makan seimbang," tutup dia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Smoothie Hijau dan Jus Hijau, Apa Perbedaannya?

Selain informasi soal perbedaan smoothie hijau dan jus hijau, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.