Berbahaya Bagi Kesehatan Mental, Kenali 3 Tanda Hubungan Abusive
Ilustrasi hubungan abusive (Alex Green/Pexels).

Bagikan:

DENPASAR - Abusive relationship alias hubungan abusive merupakan perilaku kekerasan dalam hubungan asmara. Hubungan abusive bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental korbannya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui tanda hubungan abusive agar bisa terhindar dari kekerasan fisik dan mental. 

Dikutip VOI dari Antara, berikut tanda-tanda hubungan abusive. 

1. Sering mendapatkan hadiah 

Salah satu tanda pertama Anda mungkin berada dalam abusive relationship adalah ketika pasangan menghujani Anda dengan cinta, hadiah dan perhatian. Awal hubungan yang melecehkan mungkin dimulai dengan cepat dan intens untuk membuat Anda bergantung padanya.

"Liburan, hadiah, kontak terus-menerus, atau terlalu banyak informasi dan terlalu banyak minat yang kuat secara keseluruhan. Hubungan narsistik sering kali dimulai terlalu cepat - ini kemudian diikuti oleh siklus mendevaluasi dan naik turun," kata psikolog klinis sekaligus pakar narsisme, Ramani Durvasula.

2. Ada gaslighting

Terapis dan salah satu pendiri Viva Wellness di NYC, Jor-El Caraballo mengatakan, praktik yang disebut gaslighting biasanya terjadi dalam hubungan yang melecehkan. "Gaslighting mencoba membuat seseorang percaya apa yang mereka lihat sebenarnya tidak benar.

Ini bisa terjadi bahkan dalam kondisi yang paling sederhana seperti pasangan yang kasar bersikeras pasangan mereka meninggalkan piring kotor di wastafel padahal dia sendiri yang melakukannya," kata dia. Pelaku menggunakan gaslighting untuk membuat korban mempertanyakan persepsi mereka tentang realitas, yang membuat mereka tidak melihat perilaku kasar pasangannya. "Gaslighting jarang terjadi satu kali.

Pelaku menggunakannya untuk membuat pasangannya tidak mempercayai pikiran dan perasaan sendiri, lalu memberikan pelaku lebih banyak kemampuan untuk menggunakan kendali. Kebutuhan egois," tutur Caraballo.

3. Mengontrol hubungan Anda dengan dunia luar

Pasangan mungkin memulai dari hal kecil, memberi tahu Anda untuk tidak berkontak dengan teman tertentu. "Jelas penting untuk mengeksplorasi bagaimana Anda bisa terlibat dengan orang lain secara online, tetapi pasangan yang 'tidak mengizinkan' Anda menggunakan media sosial atau melakukan percakapan DM, misalnya, adalah tanda peringatan yang serius," ujar Caraballo.

Seringkali, dia akan mulai membatasi cara Anda berinteraksi dengan keluarga dan teman untuk mengisolasi Anda dari dunia luar. "Seseorang yang terus-menerus mengungkapkan hal-hal negatif tentang teman atau anggota keluarga yang Anda cintai dan pedulikan mungkin juga menunjukkan kecenderungan untuk mengontrol dan mengisolasi dalam jangka panjang," kata Caraballo.

Identitas ras dan gender dapat digunakan oleh pelaku untuk membuat pasangannya merasa lebih buruk dan mendapatkan kekuasaan dalam suatu hubungan. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Tanda Hubungan Asmara yang Masuk dalam Kategori Abusive

Selain informasi soal tanda hubungan abusive, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.