Tips Memilih Alpukat yang Matang Sempurna di Pasar Buah
Ilustrasi (Gill Ndjouwou/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Cara memilih buah alpukat yang sudah matang sempurna wajib diketahui, sebab tak semua alpukat yang dijual di pasar buah memiliki tingkat kematangan yang baik.

Perlu di ketahui, alpukat merupakan buah yang harus ditunggu kematangannya setelah dipanen, bukan saat dipetik dari pohon. Buah yang satu ini kadang tampak bagus di luar namun busuk di dalam.

Ketika hendak membeli alpukat, Anda harus jeli dan berhati-hati dalam memeriksa tingkat kematangannya. Oleh sebab itu, perhatikan tips memilih alpukat yang matang sempurna berikut ini:

Tekan bagian batang perlahan

Tekan perlahan bagian atas yang dekat dengan batang alpukat dengan tekanan yang halus. Jika setelah ditekan alpukat mempertahankan bentuknya maka siap untuk dimakan. Tapi, jika jari meninggalkan penyok atau bekas maka kemungkinan besar sudah terlalu matang.

Sentil batangnya

Tips membeli alpukat lainnya adalah menyentil bagian batang kecil yang tertinggal di atas alpukat. Jika saat menyentil batang kecil alpukat dan bagian hijau terlihat di bawahnya, maka alpukat sudah matang. Namun, jika batangnya tidak mudah lepas atau bagian bawahnya terlihat berwarna cokelat, maka bisa jadi batangnya kurang matang atau terlalu matang.

Jangan terpaku pada warna

Meski warna merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan alpukat yang baik, Anda sebaiknya jangan mudah tertipu dengan warna luar yang terlihat sebab warna alpukat matang bisa berbeda-beda tergantung jenisnya.

Perhatikan perubahan warna

Setiap perubahan warna pada kulit luar alpukat atau noda gelap pada alpukat menandakan buah alpukat yang terlalu matang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jangan Terkecoh, Begini 5 Tips Membeli Alpukat yang Matang Sempurna.

Selain informasi soal tips memilih buah alpukat yang matang sempurna, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.