Mempercepat Regenerasi Kulit Wajah, Bisakah? Ketahui Cara Alami dan Faktanya
Ilustrasi fakta dan cara mempercepat regenerasi kulit wajah secara alami (Pexels/Pavel Danilyuk)

Bagikan:

JAKARTA – Regenerasi kulit merupakan siklus yang terjadi terus menerus pengaruh pembaruan sel-sel. Proses regenerasi, khususnya kulit wajah, dikenali lewat kesegaran dan bercahaya. Mudahnya, ketika terdapat luka bekas jerawat, lama kelamaan akan memudah pengaruh dari regenerasi sel. Apakah Anda tertarik mengetahui cara mempercepat regenerasi kulit wajah, termasuk dengan cara alami?

Menurut penelitian yang dilansir Healthine, Senin, 14 Maret, regenerasi kulit ialah penggantian seluruh jaringan yang rusak dengan jaringan baru. Proses ini meliputi penyembuhan lanjut dari jaringan, kecuali jaringan parut.

Terdapat dua cara untuk meregenerasi kulit, pertama, disebut restorasi yaitu dengan menyatukan, merekonstruksi, dan mengganti jaringan yang rusak. Kedua, proses yang terjadi secara alami pada sel. Menurut ahli kecantikan berlisensi, Laura Chacon-Garbato, regenerasi terjadi ketika epidermis mengalami pembaruan. Dengan begitu berarti bahwa regenerasi kulit terjadi secara konstan dan alami.

Menurut studi oleh Maranke I. Koster tahun 2010, rata-rata pembaruan jaringan epidermis selama 40-56 hari. Ketika masih belia hingga dewasa, proses bisa berjalan cepat sesuai perkiraan waktu rata-rata. Namun seiring bertambah usia, proses regenerasi kulit melambat. Tambah Chacon-Garbato, untuk orang usia di atas 50 tahun prosesnya memakan waktu hingga 84 hari.

cara mempercepat regenerasi kulit wajah secara alami
Ilustrasi waktu regenerasi sel kulit berapa hari (Pexels/Ron Lach)

Menurut rekomendasi ahli, cara mempercepat regenerasi kulit secara alami bisa dengan langkah berikut. Mudahnya, dengan menjalani langkah di bawah ini artinya akan membantu pembaruan sel, menjaga kulit tetap elastis, dan tetap terlihat segar bercahaya.

Ubah gaya hidup

Gaya hidup besar pengaruhnya pada kesehatan, pun pada percepatan regenerasi kulit. Jennifer Hurtikant, kepala ilmu pengetahuan di Prime Matter Labs, menyarankan untuk olahraga rutin, diet padat nutrisi, tetap terhidrasi, mengelola stres, dan melindungi kulit dari faktor lingkungan. Seperti meminimalisir terpapar sinar UV, polusi, dan cuaca kering.

Hurtikant memisahkan antara penuaan intrinsik dan ekstrinsik. Penuaan intrinsik merupakan pengaruh dari dalam diri, seperti penuaan dan stres. Sedangkan pengaruh ekstrinsik, hasil dari faktor luar seperti kebiasaan hidup hingga kondisi tempat Anda tinggal.

Chacon-Garbato menambahkan, makanlah banyak protein dari kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, ikan, dan unggas. Pasalnya protein dibutuhkan sel untuk mempertahankan dan meregenerasi kulit rusak atau mati. Ditambah lagi, makanlah makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti bluberi, stroberi, apel, jahe, dan kunyit.

Kenakan produk perawatan tinggi nutrisi

Bahan-bahan tertentu dalam produk perawatan kulit wajah membantu meningkatkan proses penggantian sel alami, menghidrasi, dan menyingkirkan tumpukan sel kulit mati. Bahan tersebut antara lain niacinamide, vitamin C, vitamin E, asam alfa-lipoat (ALA), dan asam hialuronat.

Bahan alami mempercepat regenerasi kulit wajah

Disamping bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit, Anda juga bisa memakai bahan alami lainnya. Seperti ekstrak pepaya, minyak jojoba, minyak kelapa, dan ekstrak jeruk. Bahan tersebut menurut studi tahun 2018 bisa membantu memperbaiki sel kulit, menyembuhkan luka, efek antioksidan, dan antipenuaan.

Lidah buaya, menurut studi tahun 2020, juga bisa melengkapi perawatan kulit wajah Anda. Sebab kandungan dalam gel tanaman ini menawarkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Itulah fakta tentang mempercepat regenerasi kulit dan cara alami untuk mendapatkan kulit segar bercahaya. Apakah Anda telah melakukan rekomendasi di atas sebagai kebiasaan sehari-hari?