Tulus Rayakan 10 Tahun Berkarya dengan Album <i>Manusia</i>
Tulus (Tulus Company)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Tulus merilis album solo terbarunya berjudul Manusia pada Kamis, 3 Maret. Album ini menjadi kembalinya sang penyanyi setelah melepas Monokrom pada tahun 2016.

Album Manusia dikerjakan Tulus sejak pandemi COVID-19 hadir di Indonesia. Pemilihan kata Manusia juga merepresentasi manusia sebagai subjek utama dari segala rasa dan kisah yang tertulis dalam lagu.

“Selamat mulai mendengarkan, di waktu dan tempat masing-masing,” tulis Tulus di keterangan fotonya.

Tulus masih menggunakan Bahasa Indonesia dalam lagu-lagunya begitu juga sosok Ari Renaldi yang duduk di bagian produser. Tulus dan Ari diketahui berduet mengerjakan album-album Tulus sebelumnya.

Selain itu, Tulus menggaet Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul untuk membuat beberapa lagu dalam album Manusia. Kolaborasi itu semakin sempurna dengan kehadiran Erwin Gutawa di bagian aransemen orkestra.

Awalnya Tulus merilis Ingkar, single pertama dari album Manusia yang diluncurkan pada Agustus 2021.

Kemudian, Tulus menandai album barunya dengan lagu bertajuk Tujuh Belas, sebuah lagu pop yang menceritakan masa-masa indah bersama orang tercinta.

Bertepatan dengan perayaan 10 tahun berkarya, Tulus merilis video musik Tujuh Belas yang menampilkan berbagai cerita dari muda hingga yang tua.

Album Manusia dari Tulus bisa didengarkan secara fisik dan digital.