Mengapa Probiotik Perlu Diberikan pada Anak? Ketahui 3 Alasannya
Ilustrasi (Julian Hochgesan/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Probiotik merupakan mikroorganisme atau bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Pobiotik tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Jika saluran pencernaan sehat, maka tumbuh kembang anak juga akan semakin baik.

Dikutip dari Mind Body Green, Senin, 28 Februari, berikut tiga alasan orang tua perlu memberikan probiotik kepada anak.

1. Menjaga kesehatan mikrobioma usus

Perlu diketahui, mikrobioma usus terdiri dari bakteri kompleks yang bertugas mendukung kekebalan, membantu metabolisme energi dari nutrisi makan, hingga memainkan peran kunci dalam menentukan perilaku dan suasana hati

Dengan memelihara mikrobioma usus anak sejak dini artinya Anda sudah membantu menyiapkan kesehatan pencernaan anak yang lebih kuat seumur hidup. Studi yang meneliti mikrobioma usus selama masa kanak-kanak awal dan akhir menunjukkan bahwa mikrobioma mudah dipengaruhi oleh diet, obat-obatan, dan lingkungan.

Jika Anda berpikir kebutuhan kesehatan usus anak berbeda dari orang dewasa, anggapan ini salah besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa mikrobioma usus anak usia 3 tahun sama dengan orang dewasa. Ini artinya, pemberian probiotik bisa dilakukan lebih dini pada anak.

2. Kesehatan mulut anak terjaga

Meskipun Anda cenderung mengasosiasikan probiotik dengan kesehatan usus, penting untuk diketahui bahwa probiotik sebenarnya bermanfaat bagi seluruh tubuh, salah satunya kesehatan mulut.  Menjaga kesehatan mulut dan pernapasan anak-anak bukanlah hal yang mudah, tetapi probiotik adalah salah satu pendekatan yang ditargetkan untuk mendukung kesehatan saluran pernapasan.

3. Membantu mendukung sistem kekebalan tubuh

Pemberian probiotik pada anak bisa bantu jaga sistem kekebalan tubuh mereka. Pilihlah produk probiotik yang juga mengandung kolostrum dan prebiotik guna mendukung fungsi kesehatan usus dan pertumbuhan. Baik probiotik, kolostrum, maupun prebiotik, sangat berguna untuk menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh anak.

Artikel ini telah tayang dengan judul 3 Alasan Mengapa Probiotik Perlu Diberikan Pada Anak Sejak Dini.

Selain informasi soal pemberian probiotik pada anak, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.