Meski Lumrah Dialami, Kenali 8 Hal yang Memicu Kebosanan dalam Hubungan
Ilustrasi kebosanan dalam hubungan (Freepik/Gpointstudio)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi pasangan yang sudah lama menjalin komitmen, kebosanan jadi tantangan. Bukan keluhan, tetapi bagaimana cara melewatinya merupakan hal penting untuk dilakukan.

Tanpa menyerah dan pasrah pada hubungan yang hambar, mengenali pemicunya bisa membantu menemukan kesegaran serta kebaruan. Berikut hal-hal yang bisa memicu kebosanan dalam hubungan.

1. Komunikasi sebatas permukaan

Kebiasaan berkomunikasi ternyata memengaruhi kesegaran dalam hubungan, menurut Dr. Marisa T. Cohen, pakar hubungan di aplikasi Paired dilansir Bustle, Jumat, 25 Februari. Pasangan mungkin sering mengobrolkan tentang musim, apa yang sedang tren, apa yang dilakukan seharian, tetapi tidak memperbincangkan suatu hal lebih mendalam. Obrolan yang cuma permukaan membuat pasangan tidak terkoneksi dan bahkan menciptakan kebosanan.

Saran Cohen, ajukan pertanyaan terbuka sebagai cara membuka percakapan lebih mendalam. Meski tak harus obrolan yang filosofis, tetapi penting untuk melakukan percakapan mendalam supaya koneksi kuat.

2. Menunda tujuan pribadi

Tujuan seseorang tidak hanya memiliki pasangan. Dan mengusahakan tujuan pribadi penting membuat seseorang merasa lebih aktif dan memengaruhi hubungan. Josh Klapow, seorang psikolog klinis, mengatakan jika Anda tidak memaksakan jenis kehidupan yang diinginkan, Anda akan bosan.

kebosanan dalam hubungan
Ilustrasi kebosanan dalam hubungan (iStockphoto)

3. Anda dan pasangan tidak memiliki hobi

Aktivitas yang melibatkan Anda dan pasangan sebagai individu, bisa memicu kebosanan dalam hubungan. Itu mengapa penting melakukan hobi, sebab bisa membantu melepaskan kebosanan dengan melakukan hal lain yang tidak berkaitan dengan hubungan asmara.

4. Berhenti mengusahakan kesegaran dalam hubungan

Kesegaran dalam hubungan asmara perlu diusahakan tak henti-henti. Jika Anda berhenti berusaha untuk meraihnya dengan berpikir bahwa hubungan akan secara alami berlanjut ke arah positif, ini tidak akan menciptakan keajaiban. Konselor hubungan di Baltimore Theraphy Center menyarankan, bekerja keraslah dan buat masukan yang konsisten agar hubungan berkembang.

5. Melakukan semua hal bersama-sama

Anda dan pasangan tentu saling mencintai, tetapi apakah melakukan semua hal bersama-sama? Ternyata ini bukan hal baik untuk hubungan. Pasalnya, ketika menghabiskan sebagian besar waktu Anda bersama pasangan, mudah sekali rasa bosan akan tumbuh. Maka cobalah meluangkan waktu untuk melakukan sendiri-sendiri sehingga masing-masing akan menghargai waktu berdua.

6. Selalu pergi ke tempat yang sama

Mencoba mengunjungi tempat baru penting dilakukan. Menurut Samantha Daniels, pakar kencan dan pendiri Samantha’s Table Matchmaking, ini berguna untuk mengikat Anda dan pasangan. Pasangan bisa penasaran secara intelektual dan membuka kesempatan mengobrolkan lebih banyak topik.

7. Tidak pernah berdebat

Berbeda pemikiran itu wajar, lho. Jikapun berdebat, pasangan sehat punya cara untuk bertukar argumen. Sedangkan diam dan menerima justru tidak akan membuat Anda dan pasangan saling mengenal lebih dalam. Bahkan tidak berdebat membuat hubungan terasa datar dan tak berwarna.

8. Tidak saling menggoda satu sama lain

Terus menggoda atau flirting penting untuk dilakukan. Sebab menurut pakar pengembangan pribadi, Julie Pham, ini bisa jadi cara untuk bersenang-senang, genit, dan bermanja-manja satu sama lain.

Itulah 8 pemicu hubungan terasa membosankan. Kenali jika pernah mengalaminya dan ubah kebiasaan tersebut supaya hubungan lebih menyegarkan serta selalu terasa baru.