Penyebab Kelelahan Mental dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Ilustrasi Kesehatan Mental (Umit Bulut/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kelelahan mental terjadi akibat kurangnya istirahat secara emosional. Mirip dengan latihan fisik, kapasitas otak Anda juga membutuhkan waktu untuk pulih dari stres melalui waktu luang dan relaksasi. 

Ada banyak potensi penyebab kelelahan mental kronis, termasuk kecemasan pada pandemi, kerja tanpa henti, kurangnya keseimbangan hidup dan kerja, kekhawatiran keuangan, tanggung jawab rumah tangga, ketidakpuasan dengan satu atau beberapa bidang kehidupan, dan peristiwa besar dalam hidup.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kelelahan mental? Melansir Mind Body Green, Rabu 23 Februari, berikut enam tips mengatasi kelelahan mental.

Batasi penggunaan media sosial dan screen time

Sering terpapar media sosial bisa mengakibatkan pikiran Anda terus-menerus menerima konten yang merangsang atau negatif. Ini dapat menguras proses emosional dan kognitif Anda, serta mengganggu kebiasaan sehat seperti tidur. Beristirahat dari konten media sosial yang tidak pernah berakhir dan screen time akan membantu mengatur neurotransmiter Anda dan mengurangi stres.

Buat rutinitas malam

Kualitas tidur dapat memiliki dampak yang signifikan pada energi, pemrosesan kognitif, dan kesejahteraan emosional. Luangkan waktu setiap malam untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda rileks. Ini bisa membantu Anda untuk tidur lelap. Coba jauhkan handphone sejam sebelum tidur dan ganti kebiasaan tersebut dengan menulis jurnal atau latihan kesadaran untuk mengisi ulang tenaga.

Beristirahat dan santai sepanjang hari

Latihan pernapasan, berjalan-jalan di sekitar lingkungan, atau melakukan peregangan bisa jadi aktivitas untuk bersantai. Meluangkan beberapa menit di antara aktivitas dan lakukan sesuatu yang berbeda dapat memotivasi Anda dan memberikan emosi positif.

Merawat diri sendiri

Dedikasikan waktu setiap hari untuk merawat diri seperti olahraga teratur, berhubungan dengan setidaknya satu orang sehari, berlatih syukur, atau berada di alam. Kegiatan ini dapat meningkatkan zat kimia yang baik dalam tubuh Anda.

Tak perlu membuat to-do-list

Membuat to-do-list justru bisa membuat Anda makin stres. Membuat to-do-list tidak harus menjadi tujuan yang terkait dengan produktivitas. Anda bisa membuat to-do list untuk relaksasi sehingga menjadi prioritas dalam hidup Anda.

Kurangi penyebab stres

Kelelahan mental sering diabaikan dan dianggap sebagai bagian normal dari kehidupan. Padahal jika tidak ditangani dengan baik, kelelahan mental bisa mengganggu kesehatan mental. Jika Anda mengalami kelelahan mental, cobalah untuk mengurangi faktor stres dan lakukan hal-hal menyenangkan seperti menonton film, mendengarkan musik favorit, menelpon atau mengobrol dengan teman, makan makanan lezat. Menghilangkan stres bisa memberi rasa lega yang besar.