Beda Pizza Amerika dan Italia, Manakah yang Paling Anda Sukai?
Ilustrasi pizza Italia (Unsplash-Vitalii Chernopyskyi)

Bagikan:

DENPASAR – Siapa yang tidak kenal dengan pizza? Hidangan gurih dari Italia yang dipanggang dalam oven tradisional ini telah menyebar ke seluruh dunia. 

Sampai saat ini, ada dua jenis pizza yang dikenal di dunia, yakni pizza gaya Italia dan pizza gaya Amerika. Kedua jenis pizza tersebut memiliki karakter yang berbeda.

Dikutip dari laman The Proud Italian, Sabtu, 12 Februaru, berikut perbedaan pizza Amerika dan Italia.

1. Ketebalan kulit pizza

Pizza Italia yang klasik, umumnya dimasak tipis, kering, dan gurih. Toping tidak dimasak bersama dough, tetapi saus dan taburan seperti oregano atau arugula diberikan saat sudah diangkat dari oven berbahan bakar kayu.

Hingga saat ini, pizza Italia dikenal dengan ketipisan kulitnya. Bahan-bahannya sederhana, seperti dough, saus tomat, keju, dan basil. Di atas adonan diberikan irisan keju, tomat, keju, dan dioles saus. Kemudian dioven.

Nah, pizza Amerika lebih tebal kerak atau kulitnya. Ditambah lagi, adonan pizza menampung lebih banyak bahan yang membuatnya lebih padat.

2. Saus yang digunakan

Saus yang digunakan untuk pizza di Italia, berbahan segar dan sederhana seperti minyak zaitun, basil, oregano, tomat yang dilumatkan, dan bawang putih untuk saus. Di Amerika, saus pizza menggunakan tomat kalengan dan tidak menggunakan bahan-bahan segar.

3. Daging

Daging yang kerap dipakai untuk pizza Italia ialah ham atau prosciutto. Sedangkan pizza Amerika menggunakan jenis daging giling dan sosis. Dari dua macam variasi bahan tambahan ini, Anda suka yang mana?

4. Topping

Pizza bertabur keju berpadu dengan daging banyak dibuat di Amerika. Ini yang membedakan dengan pizza Italia, karena tidak pernah diisi dengan keju atau daging. Pizza Italia cenderung polos dan segar yang memakai bahan dengan pertimbangan kemudahan dicerna.

5. Aroma

Karena terbuat dari bahan pelengkap yang berbeda, ini memengaruhi aroma setelah dioven. Setiap orang memiliki selera yang tidak bisa diperdebatkan, Anda bebas menyukai pizza dengan aroma cheezy ala Amerika atau samar-samar aroma herba dan berkulit tipis ala Italia.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Perbedaan Pizza Amerika dan Italia, Anda Suka yang Mana?

Selain informasi soal beda pizza Amerika dan Italia, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!