<i>Drive My Car</i> Jadi Film Jepang Pertama dengan Nominasi Oscar 2022
Drive My Car (Bitters End)

Bagikan:

JAKARTA - Film Drive My Car arahan Ryusuke Hamaguchi mendapat nominasi dalam ajang Academy Awards ke-94. Dengan ini, film tersebut menjadi film Jepang pertama yang masuk ke nominasi utama Oscar.

Drive My Car memperoleh nominasi Best Picture dan bersaing dengan Dune, Don’t Look Up, The Power of the Dog, Belfast, Coda, King Richard, Licorice Pizza, Nightmare Alley, dan West Side Story.

Selain Best Picture, Drive My Car juga memperoleh tiga nominasi lain yaitu Best Director, Best International Feature, dan Best Adapted Screenplay.

Ryusuke Hamaguchi selaku sutradara juga mencapai rekor baru sebagai sutradara Jepang yang mendapat nominasi setelah Akira Kurosawa di tahun 1986.

Cerita Drive My Car sukses mendapat apresiasi positif, salah satunya Best Screenplay dalam Festival Film Cannes 2021. Film ini juga memenangkan Best Non-English Film di Golden Globe.

Drive My Car diadaptasi dari cerita pendek karya Haruki Murakami yang masuk ke dalam kumpulan cerita Men Without Women. Ceritanya kemudian dikembangkan oleh Hamaguchi dan Takamasa Oe.

Drive My Car menceritakan tentang seorang aktor panggung dan sutradara Yusuke Mafuku (Hidetoshi Nishijima) yang berduka setelah ditinggal sang istri. Ia menerima tawaran untuk mengarahkan sebuah produksi dan bertemu Misaki Watari (Toko Miura), wanita yang ditugaskan menjadi sopir Yusuke.

Malam puncak Oscar 2022 akan diselenggarakan pada 27 Maret mendatang.