Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Ini 5 Hal yang Bisa Ditulis dalam Jurnal Harian
Ilustrasi (Polina Kovaleva/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Di tengah massifnya perkembangan teknologi, rasanya banyak orang yang melupakan jurnal harian dalam bentuk buku fisik. Padahal, aktivitas tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Karen A Baikie dan Kay Wilheim, menulis jurnal bisa bikin pikiran lebih tenang, mengurangi perasaan tertekan, dan membuat suasana hati jadi lebih baik.  

Dikutip dari VOI, Rabu, 2 Februari, Rutin menulis setiap hari juga dipercaya sebagai salah satu terapi untuk menyembuhkan kecemasan dan masalah psikologis. Dengan menulis, Anda bisa mencurahkan isi hati, lebih menyadari apa yang terjadi saat ini, sekaligus membantu meraih tujuan.

Buat yang mau mulai menulis, kira-kira apa saja yang bisa jadi bahan tulisan sehari-hari? Berikut beberapa idenya untuk Anda.

Menulis jadwal kegiatan

Setiap pagi atau malam hari, Anda bisa membuat jadwal kegiatan seharian. Cara ini akan membuat Anda lebih produktif dan fokus pada kegiatan penting. Selain rutinitas seperti bekerja, kamu juga bisa mencatat hal lain yang ingin dilakukan, misalnya pergi ke bank untuk mengurus kartu yang rusak, membeli hadiah untuk teman yang baru melahirkan, atau sekadar nongkrong di kafe bersama teman sepulang kerja.

Rencana jangka panjang

Anda juga bisa mencatat rencana yang ingin dicapai di masa depan. Sambil menulis, pastinya Anda juga akan membuat perencanaan lebih matang dan bagaimana cara mendapatkannya. Misalnya, ingin memiliki rumah di kawasan A, membeli mobil baru, menabung dana pensiun, menabung untuk biaya pernikahan atau sekolah anak, belajar investasi, dan sebagainya.

Tentang mimpi

Selain perencanaan yang terasa lebih matang, Anda juga boleh mencatat mimpi-mimpi yang ingin dicapai. Namanya mimpi, bisa saja kan menuliskan hal-hal yang lebih besar? Misalnya, ingin keliling dunia, membeli tas branded paling hits, punya rumah di tepi pantai, atau liburan ke tempat yang paling Anda inginkan tapi selama ini budget belum cukup.

Hal-hal yang disyukuri

Ini juga bisa Anda tulis setiap hari, mengenai segala hal yang ingin Anda syukuri. Hal-hal besar seperti kesehatan, tempat tinggal yang nyaman, memiliki pekerjaan, pasangan dan anak yang baik, dan sejenisnya sudah pasti ya? Tapi jangan lupa dengan keberadaan hal-hal kecil.

Misalnya, mensyukuri jalanan yang bebas macet, ditraktir teman makan siang enak, udara yang segar, punya masker lucu, rambut cetar seharian, meeting berjalan lancar, teman senang dengan hadiah Anda, tidur seharian di kamar yang nyaman saat libur, minum kopi enak, dan hal-hal yang tampak kecil tapi sebenarnya bikin hati senang.

Hal yang Anda rasakan

Selain itu, Anda juga bisa menuliskan hal-hal yang Anda rasakan. Mau senang, sedih, marah, kecewa, bahagia, apapun itu. Kadang, ada hal yang mungkin tidak ingin Anda bagikan pada orang lain. Nah, Anda bisa menjadikan jurnal harian ini sebagai tempat curhat yang aman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Punya Efek Kurangi Stres, Ini 5 Hal yang Bisa Anda Tulis di Jurnal Harian.

Selain informasi soal hal yang bisa ditulis di jurnal harian, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!