Jangan Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi (Caio/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR – Banyak yang menganggap bahwa ampas kopi tidak memiliki kegunaan lagi karena sudah diambil sarinya atau patinya.

Persepsi tersebut ternyata salah besar. Meskipun barang sisa, ampas kopi memiliki beragam manfaat, mulai dari urusan rumah hingga kecantikan.

Dikutip dari VOI, Selasa, 1 Februari, berikut beragam manfaat ampas kopi yang tidak banyak diketahui orang.

Perawatan kulit

Ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai produk skincare berupa scrub dan masker wajah. Agar khasiatnya makin efektif, Anda bisa menambahkan minyak kelapa, air, hingga madu sesuai dengan efek yang Anda inginkan pada wajah.

Bahan eksfoliasi dari ampas kopi tidak hanya natural, tetapi juga lebih terjangkau dan nyaman digunakan untuk wajah dan bahkan sekujur tubuh. Beberapa khasiatnya antara lain membersihkan pori-pori dan kulit, menyamarkan bekas jerawat, serta punya efek anti penuaan. Ini karena ampas kopi mengandung antioksidan yang bisa memicu produksi kolagen kulit.

Pewarna alami

Berkat warna kopi yang pekat, ampas kopi bisa digunakan sebagai pewarna untuk berbagai keperluan. Hasil warna yang dihasilkan berkisar dari cokelat muda hingga cokelat tua, tergantung dari cara pemakaiannya.

Menggunakan ampas kopi sebagai bahan pewarna tergolong aman untuk produk makanan karena berasal dari bahan alami. Di samping itu, ampas kopi bisa juga digunakan sebagai pewarna untuk produk pakaian atau tekstil.

Pupuk Tanaman

Tanaman membutuhkan senyawa nitrogen, fosfor, potassium, kalsium, sulfur, dan magnesium untuk dapat tumbuh sempurna. Ampas kopi bisa Anda manfaatkan sebagai pupuk tanaman karena ia dapat menjaga kadar nitrogen tanah. Namun, untuk penggunaan pertama kali sebaiknya taburkan ampas kopi dalam jumlah sedikit agar tanaman mampu beradaptasi.

Produk pembersih

Karena tekstur ampas kopi kasar, maka penggunaannya bisa sebagai produk pembersih yang bersifat abrasif. Kegunaan ampas kopi satu ini bisa dijadikan solusi praktis membersihkan permukaan dapur serta perlengkapan atau perangkat tertentu. Sebelum mulai menggunakan ampas kopi sebagai produk pembersih, coba tes dulu pada sebagian kecil permukaan supaya tidak sampai merusak produk tersebut.

Menetralisir bau ruangan

Tahukah Anda kalau ampas kopi juga bisa digunakan untuk menetralisir bau ruangan tak sedap? Ini karena ampas kopi memiliki kafein yang bereaksi secara kimia dan menyerap molekul hidrogen sulfida dari udara. Jadi, jika kulkas, dapur, atau rak sepatu di rumah mengeluarkan bau tak sedap, cukup letakkan ampas kopi yang sudah dikeringkan dalam kantong teh bekas di bagian-bagian rumah yang mengeluarkan bau.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ampas Kopi Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari.

Selain informasi soal manfaat ampas kopi, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!