Minuman Non Alkohol Khas Negeri Tirai Bambu yang Jadi Favorit saat Imlek
Ilustrasi (Angela Roma/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Imlek tidak hanya dikenal dengan hidangan makanannya yang lezat serta sarat makna, tapi juga berbagai minuman lezat dan menyegarkan. Meski tak memiliki arti tersendiri, namun ragam minuman ini mengandung khasiat baik bagi tubuh. Penasaran, berikut minuman non alkohol khas masyarakat Tionghoa yang disajikan saat Tahun Baru Imlek

Jus Plum

Buah plum mengandung banyak manfaat mulai dari menurunkan kolesterol hingga mengobati osteoporosis. Buah berwarna ungu pekat ini banyak diolah masyarakat Tionghoa menjadi jus segar yang disajikan saat Imlek. Perpaduan rasa manis dan asam membuat candu bagi siapapun yang meminumnya.

Kopi Yunnan

Yunnan adalah sebuah provinsi di China yang terletak di daerah pegununggan tinggi yang kaya hasil bumi. Dengan lahan yang luas jenis hasil bumi yang dihasilkan pun beragam, dan salah satunya adalah kopi.

Kopi yunnan pertama kali di bawa oleh seorang pastur Prancis yang menanam biji ke desa Zhu Ku La. Hingga kini pohon kopi pertama di China itu masih tegak berdiri. Seiring berkembangnya industri kopi di China, jumlah peminum kopi di negara tersebut meningkat. Sehingga kebutuhan akan biji kopi di China terus bertambah, setidaknya 98% kopi yang diminum penduduk China berasal dari Yunnan.

Anda bisa mendapatkan Kopi Yunnan di marketplace kesayangan Anda untuk mencicipi cita rasa kopi berbeda dari yang lain.

Tieguanyin

Minuman khas Imlek ini sekilas memiliki rupa seperti teh pada umumnya. Namun, Tieguanyin punya warna yang jernih dengan aroma khas bunga dan buah-buahan. Rasa manis seperti madu bisa Anda cicipi saat disajikan dengan air hangat.

Tieguanyin adalah minuman tradisional, dan menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Tionghoa. Karena Tieguanyin dipercaya dapat meredakan panas dalam, dan aromanya yang wangi bikin pikiran rileks.

Teh Krisan

Teh krisan merupakan salah satu minuman khas dan populer di kalangan masyarakat Tionghoa yang terbuat dari bunga krisan. Biasanya minuman yang satu ini ada dan mudah dijumpai saat perayaan Imlek. Meskipun termasuk minuman tradisional, teh krisan masih banyak dicari hingga saat ini.

Minuman yang satu ini dikenal kaya akan manfaat diantaranya mengobati flu, menurunkan tekanan darah, menenangkan saraf, dan masih banyak lagi.