Di tengah Kontroversi Kasus Pelecehan Seksual, <i>Penyalin Cahaya</i> Tetap Rilis Hari Ini
Penyalin Cahaya (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Film Penyalin Cahaya tayang secara resmi di layangan streaming Netflix pada Kamis, 13 Januari. Film ini tetap dirilis di tengah kontroversi pelecehan seksual yang diduga dilakukan salah satu kru.

Menilik situs Netflix, Penyalin Cahaya tidak masuk ke bagian Recently Added (Baru Ditambahkan). Pelanggan yang ingin mencari film tersebut harus mencari ke bagian kolom pencarian.

Selain itu film ini juga belum dipromosikan Netflix Indonesia melalui media sosial. Apalagi Penyalin Cahaya mendapat penghargaan untuk Film Panjang Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

Diketahui internet sempat dihebohkan dengan pernyataan Kaninga Pictures dan Rekata Studio selaku rumah produksi Penyalin Cahaya. Mereka menyatakan dukungan terhadap korban pelecehan seksual dan menghapus nama kru dari seluruh publikasi film.

"Kami mendapati sebuah nama dari tim film Penyalin Cahaya tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya," kata pihak Rekata Studio dan Kaninga Pictures.

"Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan materi-materi publikasi film," lanjutnya.

Mereka mengklaim informasi kejadian didapatkan dari salah satu komunitas. Hingga saat ini belum diketahui apakah kasus akan berkembang ke jalur hukum.

Penyalin Cahaya menceritakan Sur (Shenina Cinnamon) yang mencari jawaban setelah swafoto-nya saat mabuk tersebar. Sur meminta bantuan Amin (Chicco Kurniawan), seorang karyawan toko fotokopi dekat kampus.

Penyalin Cahaya merupakan film debut pertama Wregas Bhanuteja dan film orisinal pertama Netflix Indonesia di tahun 2022.