Jangan Sampai Salah, Begini Cara Tepat Memilih Pestisida Untuk Menghilangkan Hama Tanaman
Ilustrasi (Quang Nguyen Vinh/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pestisida merupakan produk penting digunakan untuk memberantas hama. Tapi, berdasarkan sifatnya pestisida bersifat racun, jika terpapar dapat menimbulkan risiko bagi manusia, hewan, dan lingkungan. 

Untuk itu, sebelum memilih pestisida penting untuk membaca dan memahami petunjuk pada label produk. Tujuannya adalah meminimalkan kemungkinan Anda mengalami masalah dengan pestisida setelah menggunakannya.

Anda bisa pilih produk pestisida dengan toksisitas rendah biasanya dengan petunjuk kata ‘PERHATIAN’ atau ‘CAUTION’. Anda juga bisa mencari produk pestisida berdasarkan jenis hama yang akan diberantas maupun kandungan bahan aktif dalam produk pestisida yang ingin dihindari. Melansir laman NPIC, Senin, 27 Desember ada 6 cara lain dalam memilih pestisida, apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pelajari jenis hama

Sebelum membeli produk pestisida, pastikan Anda sudah tahu pasti jenis hama yang ingin diberantas. Mengenal jenis hama membuat Anda bisa memilih produk pestisida dengan tepat sehingga hama dapat teratasi dengan baik. Jika diperlukan, mintalah bantuan profesional untuk mengidentifikasi jenis hama yang dihadapi.

Pilih produk pestisida yang tepat

Setelah berhasil mengidentifikasi hama, saatnya memilih produk pestisida. Pilih  produk pestisida khusus untuk hama Anda. Biasanya jenis hama akan tercantum di label keteranga produk pestisida. Bila kesusahan, mintalah bantuan penjual atau asisten toko untuk memandu Anda.

Pertimbangkan area perawatan

Sebelum menyemprot pestisida pada tanaman berhama, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal yaitu, apakah ada area sensitif di dekat area perawatan? Apakah area tersebut miring ke arah area rentan seperti sungai, taman, sumur, atau taman bermain? Apakah tanaman berharga di dekatnya dapat terpengaruh oleh semprotan pestisida?

Kenakan peralatan pelindung diri

Pastikan Anda menggunakan alat pelindung diri yang tertera pada label kemasan produk. Ini bisa termasuk sarung tangan, kacamata, pakaian tahan bahan kimia, atau barang lainnya.

Kenali bahan kandungan dalam pestisida

Sebelum membeli, penting bagi Anda mengetahui kandungan apa saja dalam produk pestisida. Anda bisa memilih yang lebih aman untuk lingkungan sekitar.

Hanya beli produk yang dibutuhkan

Beli produk yang hanya dibutuhkan untuk membasmi hama saat diperlukan. Pestisida mungkin memiliki umur simpan yang terbatas, dan pestisida yang disimpan dapat menjadi bahaya.