Benarkah Minum Susu Hangat Sebelum Tidur Bisa Atasi Insomnia? Berikut Jawaban Ahli
Ilustrasi manfaat minum susu hangat sebelum tidur (Freepik/KamranAydinov)

Bagikan:

DENPASAR – Minum susu hangat sebelum tidur disebut efektif untuk mengatasi insomnia atau gangguan susah tidur.

Perlu diketahui, insomnia bisa disebabkan oleh kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, hingga penyakit kronis.

Lantas, apakah minum susu hangat bisa mengatasi insomnia?

Dikutip VOI BALI dari LiveScience, Minggu, 26 Desember, alasan susu hangat membuat orang mengantuk adalah karena mengingatkan pada orang baik yang memberikannya pada Anda.

Selain alasan yang disampaikan Breus, ada kandungan dalam susu yang bisa meningkatkan rasa kantuk. Kandungan itu disebut triptofan, asam amino esensial yang membantu seseorang tertidur. Menurut National Library of Medicine, setelah meminum minuman mengandung triptofan, tubuh akan merespons dengan memproduksi serotonin, dan diubah menjadi hormon tidur atau melatonin.

Biasanya, melatonin diproduksi oleh otak sebagai respons pengaturan ritme sirkadian. Di sisi lain, serotonin yang dikenal sebagai hormon bahagia menginduksi tidur dan membuat terjaga.

Makanan selain susu yang mengandung triptofan dan membantu mengatasi insomnia antara lain telur, ikan, kedelai, kacang tanah, dan daging kalkun.

Kalau secara teori, minum susu hangat yang mengandung triptofan dapat membantu kita merasakan kantuk. Ini dipicu ketika tubuh memproduksi hormon yang meningkatkan kualitas tidur. Tetapi, kenyataannya porsi triptofan yang dibutuhkan lebih besar untuk membuat seseorang bisa tidur malam hari.

Kata Breus, jika Anda minum sekitar 7,6 liter susu hangat baru bisa membuat mengantuk. Tetapi ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena susu mengandung lemak dan dua kali lipat kalori yang dibutuhkan setiap harinya. Artinya, bukan susu hangat yang menyebabkan bisa tidur atau mengatasi insomnia. Tetapi kandungan triptofan di dalamnya yang membantu Anda tertidur pulas.

Dalam susu, bahkan, kandungan triptofan paling sedikit. Ditambah lagi kandungan tersebut harus bersaing dengan asam amino lain untuk sampai memengaruhi otak.

Namun, saran Breus, tak ada salahnya untuk dicoba selama kondisi kesehatan memungkinkan Anda minum susu hangat sebelum tidur. Ia juga menyarankan, ada baiknya mencoba teknik-teknik lain sebelum tidur. Seperti menghindari minum kafein, mematikan gawai, dan melakukan latihan pernapasan untuk membantu lebih rileks.

Artikel ini telah tayang dengan judul Minum Susu Hangat sebelum Tidur, Apakah Bisa Mengatasi Insomnia?

Selain informasi soal minum susu hangat sebelum tidur untuk atasi insomnia, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!