Mudah, Begini Cara Menanam Bawang Merah di Kebun Rumah
Ilustrasi Bawang Merah (Sharma Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Cara menanam bawang merah di kebun rumah sangat mudah dilakukan. Asalkan paham dengan teknik budidaya yang benar, Anda akan mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Bawang merah sendiri merupakan salah satu rempah-rempah yang paling digunakan untuk memasak. Selain berfungsi untuk menyedapkan rasa masakan, bawang merah juga diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Karenanya, tidak berlebihan jika Anda memasukkan bawang merah sebagai tanaman yang ditanam di kebun rumah.

Lantas, bagaimana cara menanam bawang merah di pekarangan rumah?

Dikutip VOI BALI dari Almanac, Jumat, 10 Desember, berikut cara menanam bawang merah di kebun rumah:

Siapkan bawang merah

Cara menanam bawang merah yang pertama yaitu, siapkan bawang merah yang telah disimpan selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan. Bawang merah ini nantinya akan menjadi bibit untuk menanam. Lalu, belah bawah tersebut menjadi dua bagian, potong bagian atasnya dan gunakan hanya bagian bawahnya saja.

Sediakan polybag dan media tanam

Siapkan polybag berukuran 25 cm untuk dua potong bawang merah. Anda bisa mengganti polybag dengan wadah plastik atau botol bekas ukuran serupa. Selain itu, sediakan media tanam yang dibutuhkan adalah tanah, sekam, pupuk kandang, dan arang kayu. Perbandingannya yaitu, 2:1:1:1. Terakhir, siram polybag dan media tanam hingga merata dan basah. Masukkan bawah merah di bagian tengan media tanam.

Penyiraman

Setelah semuanya siap, diamkan bawang merah lalu siram kembali delapan hari kemudian saat tunas mulai muncul dengan air kira-kira 240 ml. Di hari berikutnya, beri sedikit air secara rutin. Akar tanaman bawang merah akan mudah membusuk jika terlalu banyak air. Jangan lupa untuk meletakkan bawang merah di tempat terbuka untuk mendapat sinar matahari, guna menyempurnakan pertumbuhan tanaman bawah merah.

Pemupukan

Saat menginjak usia 15 hari, berikan pupuk pada tanaman bawang merah seperti kompos dan NPK. Tujuannya adalah agar bawang merah Anda tumbuh subur. Satu sendok makan pupuk NPK dicampurkan dengan 3 liter air. Lalu, cukup ambil sebanyak 120 ml dari campuran tersebut untuk satu polybag bawang merah.

Jika lebih suka menggunakan pupuk kompos, cukup taburkan segenggam dan siram dengan sedikit air. Lakukan cara menanam bawang merah yang satu ini ketika bawang merah sudah berumur 30 dan 45 hari.

Pindah wadah

Semakin lama umur bawang, semakin besar juga usia kecambah dan akar. Polybag pun tak lagi menjangkau pertumbuhan tanaman bawang merah. Untuk itu, pindahkan bawang merah ke wadah yang lebih besar sehingga akarnya dapat leluasa menjalar dan tumbuh sehat.

Perhatikan media tanamnya juga. Ganti media tanam dengan yang baru jika dibutuhkan. Singkirkan tanaman-tanaman liar yang hadir mengganggu pertumbuhan bawah merah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Menghemat Pengeluaran, Ini 5 Cara Mudah Menanam Bawang Merah di Pekarangan Rumah.

Selain informasi soal cara menanam bawang merah di kebun rumah, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!