Selain Air Putih, Ini 5 Minuman Sehat yang Aman Diminum Penderita Diabetes
Ilustrasi Minuman Aman untuk Penderita Diabetes (LaƄrk Boshoff/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya menghindari beberapa jenis makanan, penderita diabetes juga disarankan tidak sembarangan mengonsumsi minuman. Meski begitu, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi beberapa jenis minuman seperti orang sehat pada umumnya. 

Bedanya, takaran bahan harus disesuaikan dengan penderita diabetes agar gula darah dalam tubuh tidak meningkat. Berikut ini lima minuman yang baik untuk penderita diabetes yang telah VOI rangkum dari laman HerStory, Kamis, 9 Desember.

Teh Hijau

Matcha & CO/Unsplash

Teh hijau merupakan minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes karena minuman ini mampu membantu mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jika Anda meminum teh hijau hingga 1,42 liter atau 6 cangkir per hari, maka dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

Kopi

Minuman kopi juga aman dikonsumsi penderita diabetes. Asalkan, kopi yang dikonsumsi yaitu jenis kopi hitam tanpa tambahan gula atau krimer. Penambahan krimer dan gula dapat menyebabkan kalori meningkat sehingga kadar gula darah dapat naik seketika.

Jus buah

Jus buah yang dibuat dari 100 persen buah murni aman dikonsumsi penderita diabetes. Diabetesi bisa minum sebanyak 113-117 gram jus buah per satu porsi. Nah, jus buah ini bisa diminum kapan saja selama jumlahnya tidak melebihi karbohidrat harian, ya.

Jus sayur

Yulia Khlebnikova/Unsplash

Mungkin jus sayur masih menjadi hal yang tak banyak orang tahu. Jus sayur diduga lebih baik ketimbang jus buah. Hal ini karena rata-rata jus buah mengandung gula yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Nah, cobalah membuat jus sayur dengan mencampur sayuran berdaun hijau, seledri, atau mentimun dengan segenggam beri untuk supali vitamin dan mineral.

Air kelapa

Berikutnya yaitu air kelapa. Minuman ini aman dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan kalori di dalamnya sangat rendah. Selain itu, air kepa juga mengandung potasium, asam amino, dan vitamin B.