Telegram Punya Fitur Berbayar Rp75 Ribu, Apa Saja Keunggulannya?
Ilustrasi Telegram (Pixabay).

シェア:

DENPASAR - Usai memperkenalkan fitur premium pada awal bulan ini, Telegram resmi merilis layanan berbayar yang diberi nama Telegram Premium

Pengguna yang ingin menggunakan Telegram Premium harus membayar 4,99 dolar As atau senilai Rp75 ribu per bulan. 

Keunggulan Telegram Premium 

Fitur Telegram Premium memungkinkan pengguna untuk mengunggah file sebesar 4GB, yang sebelumnya hanya 2GB. 

Pelanggan premium juga akan mendapatkan dua kali lipat batas yang dikenakan pada pengguna standar. Alih-alih bergabung dengan hingga 500 saluran, pelanggan dibatasi hingga 1.000 saluran. Hal yang sama berlaku untuk fitur lain di Telegram, karena pelanggan dapat membuat 20 folder obrolan dengan masing-masing 200 obrolan, menyimpan hingga 10 stiker, menyematkan hingga 10 obrolan, dan menambahkan total empat akun ke Telegram, bukan tiga seperti selama ini. Pengguna premium juga dapat memiliki bios yang lebih panjang dengan tautan.

Beberapa fasilitas lainnya termasuk akses ke perpustakaan stiker Premium dengan animasi layar penuh yang lebih menjengkelkan, reaksi emoji eksklusif, dan gambar profil animasi.

Ada juga konversi teks untuk pesan suara jika Anda tidak memiliki headphone, selain alat manajemen obrolan yang memungkinkan Anda mengubah folder obrolan default. Berlangganan Premium akan menghapus pesan bersponsor di saluran publik.

Pandangan CEO Telegram, Pavel Durov, tentang tingkat freemium platform tetap tidak berubah sejak ia pertama kali mengemukakan kemungkinan pada tahun 2020.

Sejalan dengan apa yang dia katakan sebelumnya, Durov menyatakan minggu lalu bahwa fitur gratis akan tetap gratis dan fitur baru tidak akan memengaruhi Telegram pengalaman untuk non-pelanggan. Ini berarti pengguna Telegram gratis harus dapat mengunduh file yang lebih besar yang diunggah oleh pelanggan, serta melihat reaksi premium atau emoji yang mereka gunakan.

Durov juga berjanji bahwa Telegram juga tidak akan berhenti mengembangkan fitur untuk pengguna gratis, yang tampaknya diikuti oleh platform sejauh ini.

Pembaruan Telegram terbaru menampilkan lencana terverifikasi dalam obrolan (tidak hanya di profil, hasil pencarian, atau daftar obrolan), memberi grup publik kemampuan untuk mengaktifkan permintaan bergabung, dan menambahkan beberapa peningkatan khusus platform.

Meskipun demikian, Telegram Premium hadir dengan banyak fitur. Banyak di antaranya mungkin akan menarik bagi pengguna Telegram yang paling aktif — sekarang terdapat 700 juta.

Artikel ini telah tayang dengan judul Telegram Premium Dibanderol Rp75 Ribu per Bulan, Bisa Tampung Bisa Unggah File 4GB. 

Selain informasi soal Telegram Premium, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.