Begini Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Merpati Variegata
Ilustrasi tanaman philodendron merpati (Pexels/Huy Phan)

シェア:

DENPASAR – Philodendron merpati variegate alias philodendron florida beauty merupakan salah satu tanaman hias daun yang gemari masyarakat karena bisa jadi penghias ruangan maupun halaman rumah.

Disebut Philodendron merpati variegate karena memilki warna daunnya hijau tua dengan motif bewarna putih tak rata. Selain itu, struktur daunnya sekilas tampak seperti merpati.

Anda tak membutuhkan perawatan yang ribet ketika menanam philodendron florida variegata. Hanya saja perlu pengecekan rutin supaya tidak terserang hama seperti kutu daun dan laba-laba. Perawatan harian yang wajib dilakukan pada tanaman philodendron merpati variegata, antara lain sebagai berikut.

1. Atur kelembapan suhu

Philodendron merpati variegata membutuhkan suhu antara 10-26 derajat Celsius untuk berkembang. Artinya tanaman ini memiliki rentang suhu yang tinggi dan lebih baiknya lagi, mereka bisa hidup di dataran tinggi yang dingin maupun dataran rendah dengan suhu sedang.

Tetapi, hindari meletakkan tanaman ini di dekat AC atau pendingin ruangan. Selama tanaman memiliki kelembapan sedang, ia akan bertahan.

2. Pastikan mendapat sinar matahari yang cukup

Paling penting dipertimbangkan ialah di mana Anda akan meletakkan tanaman berdaun cantik ini. Philodendron merpati variegata akan tubuh subur jika diletakkan di tempat yang terpapar matahari sedang. Matahari langsung dapat menyebabkan daun philodendron cokelat dan kering.

Ini juga perlu disesuaikan di mana Anda tinggal, jika jendela rumah menghadap ke utara, maka bisa diletakkan di dekatnya. Nah, apabila meletakkan di dalam ruangan, pencahayaan bisa dibantu dengan bohlam tetapi jangan tepat di bawah cahaya.

Pencahayaan menggunakan lampu membutuhkan penyinaran selama 12 jam. Di kawasan tropis, bisa meletakkan philodendron merpati di tempat yang sejuk agar terpapar matahari pagi dan sore hari saja.

3. Pakai pot dengan drainase baik

Pot dengan drainase buruk akan memengaruhi kelembapan tanah, efeknya pada tanaman philodendron merpati variegata bisa buruk. Sebab kelembapan tinggi bisa membuat akar busuk. Itu berarti, pastikan tanah tidak terlalu lembap dengan memilih pot dengan drainase baik.

4. Pilih media tanam yang tepat

Philodendron merpati variegata seperti kebanyakan tanaman tropis lainnya. Tanaman hias daun ini membutuhkan tanah yang kering. Bahan organik yang cocok untuk dijadikan media tanam philodendron antara lain campuran dari tanah gambut, kulit kayu, dan arang.

5. Kebutuhan penyiraman

Menyiram tanaman hias penting sekali dilakukan secara pas, karena setiap tanaman memiliki karakter pertumbuhan yang berbeda-beda. Jadi, tanah untuk philodendron tak boleh terlalu basah.

Artinya cek dahulu kondisi tanahnya, jika masih basah tunda sementara waktu hingga tanahnya terasa kering. Paling tepat lagi, cek dengan jari hingga 2 sentimeter dalam media tanam untuk memastikan tanahnya membutuhkan penyiraman atau tidak.

Pemberian pupuk untuk philodendron merpati variegata, perlu yang banyak mengandung nitrogen. Sebab nitrogen membantu pertumbuhan daun dan menjaga kehijauan daun tetap segar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Enggak Ribet, Begini 5 Cara Merawat Tanaman Philodendron Merpati Variegata.

Selain informasi soal cara merawat tanaman philodendron merpati variegata, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!