Abu Bakar Ba'asyir Ikut Upacara HUT RI ke-77 di Ponpes Ngruki
Pendiri Ponpes Al-Mukmin, Abu Bakar Ba'asyir hadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Ponpes Al Mukmin Ngruki (Antara).

DENPASAR - Eks narapidana terorisme, Abu Bakar Ba'asyir mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. 

Dikutip VOI dari Antara, upacara kemerdekaan itu dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Abu Bakar Ba'asyir terlihat menggunakan baju putih, peci putih, sarung cokelat muda, berkaca mata dan menggenggam tongkat.

Dalam upacara tersebut, Menko PMK Muhadjir Effendy selaku inspektur upacara mengatakan pelaksanaan upacara dilakukan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Pelaksanaan upacara dilakukan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemerdekaan berarti kita tetap berpegang teguh kepada tali persatuan dan kesatuan," kata Menko, Rabu 17 Agustus, dikutip dari VOI

Rasa syukur ini akan memberikan optimisme bagi bangsa untuk bersama-sama membangun bangsa Indonesia.

"Kita terus berupaya pulih lebih cepat dan bangkit lebih cepat," katanya.

Dilatih Dandim Sukoharjo 

Sementara itu, sebelumnya Sekretaris Kemenko PMK Y.B Satya Sananugraha menjelaskan, para personel upacara terdiri atas para ustaz dan santri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki.

"Mereka telah dilatih oleh Dandim Sukoharjo, Polres Sukoharjo dan Pemkab Sukoharjo," katanya.

Pada pelaksanaan upacara, kata dia, ada sekitar 1.300 peserta upacara yang hadir dari kalangan santri pesantren Al Mukmin Ngruki, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

"Berbagai persiapan sebelumnya telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Mulai dari pelatihan para personel hingga persiapan lokasi," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Abu Bakar Ba'asyir Ikut Peringati Kemerdekaan HUT RI di Ponpes Ngruki, Ada Menko PMK

Selain informasi soal Abu Bakar ba'asyir ikut peringati HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Ponpes Ngruki, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.