Mengintip Harta Kekayaan Anwar Usman, Ketua MK yang Bakal Jadi Adik Ipar Jokowi
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usma (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

DENPASAR – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah jadi sorotan karena bakal menjadi adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anwar disebut akan menikah dengan adik kedua Jokowi, Idayati.

Kabar tersebut disampaikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga anak sulung dari Presiden Jokowi.

"Lha itu sudah tahu. Tanya yang bersangkutan, (jadwal pernikahan) aku ora ngerti (tidak tahu)," kata Gibran di Solo dikutip dari Antara, Selasa, 2 Maret 2022.

Lantas, berapa harta kekayaan Anwar Usman?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan Anwar ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dia tercatat memiliki kekayaan Rp26,4 miliar pada periode 2020. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan pelaporan sebelumnya di periode 2019.

Dia tercatat memiliki 31 unit aset berupa tanah dan bangunan yang terdiri dari 25 tanah dan sisanya berupa tanah serta bangunannya di Bima, Nusantara Tenggara Barat dan Tangerang Selatan. Adapun totalnya mencapai Rp5.114.000.000.

Selanjutnya, dia mencatatkan kepemilikan empat unit mobil dan satu unit sepeda motor dengan nilai mencapai Rp317,5 juta.

Selain itu, Anwar juga melaporkan surat berharga senilai Rp333.670.000 serta kas dan setara kas senilai Rp20.692.646.968. Dia tidak memiliki utang sehingga hartanya tidak dipotong.

Sementara untuk 2019, harta kekayaan Usman hanya sebesar Rp5.021.500.000. Dia mencatatkan kepemilikan aset dengan nilai mencapai Rp4.682.500.000 dengan jumlah 31 unit di Bima, Nusa Tenggara Barat; Bekasi; Lumajang; dan Tangerang Selatan.

Kemudian dia juga mencatatkan kepemilikan kendaraan bermotor dengan nilai Rp339 juta yang terdiri dari empat unit mobil dan sepeda motor.

Pada 2019, Anwar Usman tidak mencatatkan kepemilikan surat berharga serta kas dan setara kas. Dia juga tidak memiliki utang.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kekayaan Ketua MK Anwar Usman, Calon Adik Ipar Presiden Jokowi Meningkat Drastis Selama Pandemi COVID-19.

Selain informasi soal harta kekayaan Anwar Usman, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.