Kemenkop UKM Ingin UMKM Unggulan Bisa Ajukan KUR Hingga Rp20 miliar
UMKM di Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Yulius Satria Wijaya/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Studi tentang Program Pemulihan Ekonomi nasional (PEN) terhadap UMKM, seperti yang dirilis Lembaga Demografi FMB UI, menunjukkan 99% UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan pemerintah mampu bangkit kembali di masa pandemi COVID-19. 

Bantuan ini diharapkan bisa menjadi stimulus agar UMKM bisa bertahan di masa Pandemi COVID-19. Fiki Satari, Stafsus Menkop UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, menyampaikan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro yang sudah tersalurkan hingga saat ini menggapai 9,8 juta usaha mikro atau setara dengan Rp11,76 triliun. 

Jumlah tersebut mencapai 77% dari pagu anggaran yang totalnya sejumlah Rp16,36 triliun. Banpres Produktif tahap kedua akan kembali dibuka pada Juni ini dengan menyasar 3 juta usaha mikro.

Kemenkop UKM juga tengah mengkaji pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM unggulan untuk bisa mendapatkan kredit hingga Rp20 miliar supaya UMKM Indonesia bersaing  di kancah global. “Kita berharap ini bisa segera ditetapkan pemerintah,” terang Fiki dalam diskusi daring.

Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI, Amam Sukriyanto, mengaku siap menyambut meningkatkan pemerintah meningkatkan KUR hingga Rp20 miliar.

“Kita dengan senang hati menunggu aturan pemerintah yang baru apabila nanti bisa sampai mengucurkan KUR hingga Rp20 miliar,” ungkapnya.

“UMKM di Indonesia di Indonesia saat ini memang sudah mulai bangkit meski belum pulih seperti 2019 lalu, karena memang banyak yang beralih ke digital. Kami mencatat sekitar 5 juta pemain baru di marketplace online pada saat pandemi ini. Mau tidak mau memang UMKM harus masuk dunia digital atau marketplace supaya bisa bertahan,” ungkap Ikhsan Ingratubun, Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo).