Presiden Joko Widodo: Tunjukkan pada Dunia, Bali Destinasi Wisata yang Aman Dikunjungi
Presiden Joko Widodo. (Dok. Sekretariat Kabinet).

Bagikan:

DENPASAR – Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta masyarakat Bali untuk menunjukkan kepada dunia jika Pulau Dewata adalah destinasi wisata yang sangat aman dikunjungi di tengah pandemi COVID-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan Pesta Kesenian Bali yang disiarkan pada Sabtu, 12 Juni di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Kita tunjukkan kepada dunia, Bali adalah destinasi wisata yang aman dikunjungi," kata Jokowi, dikutip Senin, 14 Juni.

Disiplin terapkan protokol kesehatan

Dia mengatakan, kemampuan menghadapi pandemi, disiplin, dan penerapan protokol kesehatan secara ketat adalah kuci utama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo ini juga mengingatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro harus dilakukan secara efektif.

"PPKM Mikro berbasis banjar dan desa adat harus diefektifkan untuk mencegah penularan," tegasnya.

Jokowi mengapresiasi pemerintah daerah, seniman, dan seluruh masyarakat di Pulau Dewata yang bisa terus berkarya, mengekspresikan seni, dan terus mengembangkan estetika.

Dirinya bahkan mengatakan, penyelenggaraan pesta kesenian untuk ke 43 kalinya ini adalah bukti meski pandemi memukul masyarakat, tapi kreativitas masyarakat dan produktivitasnya bisa tetap tumbuh.

"Masyarakat Bali tetap tumbuh, tampil dengan cara baru untuk terus mewarnai panggung seni dunia," ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga mengapresiasi pemilihan tema yang bertajuk Purna Jiwa Praning Wanakerti yang mengajak seluruh masyarakat memuliakan flora dan fauna serta keragaman hayati. Hal ini dianggap menebarkan semangat konservasi dan hidup harmoni untuk menyembuhkan peradaban dari pandemi.

Tak hanya itu, dia meminta semua pihak kembali membuka warisan budaya termasuk sastra yang mengajarkan cara mencegah dan beradaptasi dengan penyebaran wabah. Sebab, hal ini dianggap relevan dengan kondisi Tanah Air saat ini.

"Warisan susastra yang mengingatkan datangnya wabah yang mengajarkan cara mencegah dan beradaptasi perlu dibuka kembali dan dikembangkan untuk mengambil pelajaran dari pandemi COVID-19," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Jokowi: Tunjukkan Kepada Dunia, Bali Destinasi Wisata yang Sangat Aman Dikunjungi.

Selain informasi soal Bali destinasi wisata yang aman di kunjungi, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!