Bahlil Targetkan 29 Proyek Peluang Investasi Bakal <i>Groundbreaking</i> di 2024
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (Foto: VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan sudah terdapat 29 proyek peta peluang investasi (PPI) yang diminati oleh investor dari 81 proyek PPI dan pihaknya akan terus mendampingi hingga investasi tersebut terealisasi.

"Yang sudah berminat itu ada sekitar 29 (proyek), namun dari minat ini kita mau kucrutkan untuk sampai tahap eksekusi," ujarnya dalam Konferensi Pers di Jakarta, Senin 18 Maret 2024.

Bahlil menyampaikan proyek tersebut baru dilayangkan dua tahun dan diperkirakan tahapannya sudah sekitar 70 persen. Sehingga pada pada tahun 2024 ditargetkan dari 29 proyek tersebut harus sudah ada yang groundbreaking.

"Karena kan kita baru dua tahun kita melayangkan ini. Biasanya kita presentasikan dua tahun itu tahapannya sudah 60 persen sampai 70 persen. Jadi tahun ini kita targetkan 29 proyek ini harus ada yang sudah melakukan groundbreaking," ujarnya.

Menurut Bahlil, proyek PPI ini merupakan cara baru dari pemerintah untuk menawarkan sektor-sektor yang menjadi prioritas seperti pariwisata untuk dilakukan investasi.

"Ini kan gaya baru kita melakukan promosi. Kalau selama ini kan mengarahkan investor masih parsial, masih sporadis. Kalau sekarang kita mulai mengarahkan kepada sektor-sektor yang menjadi skala prioritas kita dan kalau tidak salah tiga atau empat tahun ini, terutama di bidang pariwisata itu mulai jalan," ucapnya.

Mengutip data Kementerian Investasi/BKPM, terdapat 81 proyek dengan total investasi Rp239 triliun tersebar di enam sektor di seluruh Indonesia, mulai dari sektor agro industri, energi terbarukan, industri, kawasan industri dan real estate, dan pariwisata.