Tingkatkan Kualitas, Jasa Marga <i>Make Over</i> Jalan Tol yang Dikelolanya
Jalan Tol (foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berupaya dalam meningkatkan kualitas jalan melalui program beautifikasi dan landscaping di ruas tol yang dikelola sebagai bagian pengelolaan berkelanjutan.

Tidak hanya sebagai penambah estetika, program beautifikasi ini juga berfungsi untuk mengurangi dampak polusi. Sehingga, dapat menambah kenyamanan pengguna jalan ketika berkendara.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, upaya yang dilakukan pihaknya juga selaras dengan komitmen Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait peningkatan kualitas jalan tol.

"Sejumlah upaya yang telah dilakukan Jasa Marga antara lain dengan penghijauan dan landscaping melalui penanaman pohon, perawatan taman serta beautifikasi landscaping baik di interchange, gerbang tol, kantor gerbang dan di sepanjang jalur tol," ujar Lisye dikutip dari laman resmi Jasa Marga, Selasa, 20 Februari.

Dalam upaya beautifikasi di beberapa ruas tol, Jasa Marga Group telah memasang planter tanaman, membersihkan area penanaman dan penanaman beberapa tanaman hias pada area lereng atau bukit yang selalu dijaga keasriannya melalui service provider Jasa Marga, yakni Jasamarga Tollroad Maintenance (PT JMTM).

Dalam menanam tanaman di sepanjang jalan tol digunakan teknik untuk mengurangi pencemaran udara, menambah keindahan, kenyamanan, keharmonisan dan tidak mengabaikan faktor keselamatan (safety factor) serta memperhatikan benih atau bibit tanaman.

Lisye mengatakan, upaya beautifikasi tidak hanya sebagai pemenuhan salah satu SPM. Namun, secara tidak langsung juga meningkatkan citra dan branding perusahaan serta mendukung program keberlanjutan perusahaan di bidang lingkungan.

"Jasa Marga selalu berkomitmen dalam meningkatkan pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM)," katanya.

Hal ini juga dibuktikan melalui penghargaan Sertifikasi Green Toll Road Indonesia predikat Gold untuk Jalan Tol Gempol-Pandaan yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Tol atau JPT.

Kemudian, Jalan Tol Pandaan-Malang yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Malang atau JPM dan Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasamarga Bali Tol.

Selain itu, JSMR juga kembali meraih penghargaan Jalan Tol Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penghargaan yang dimaksud, yakni predikat Jalan Tol Terbaik I untuk 3 kategori sekaligus yaitu Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang lebih dari 50 kilometer (km) untuk Jalan Tol Jagorawi, Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang 15-50 km untuk Jalan Tol Pandaan-Malang dan Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang kurang 15 km untuk Jalan Tol Sedyatmo.

Pengelolaan Rest Area jalan tol melalui anak usaha PT Jasamarga Related Business atau JMRB juga berhasil meraih predikat Rest Area Terbaik I untuk Rest Area Km 88B Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).