Apa itu <i>Financial Freedom</i>? Ketahui Pengertian Beserta Cara Mewujudkannya
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap orang pasti menginkan financial freedom supaya kebutuhan hidupnya dapat tercukupi dengan baik. Akan tetapi, financial freedom tidak bisa digapai secara instan. Seorang perlu bekerja dengan sangat gigih untuk mendapatkan financial freedom. Lantas, apa itu financial freedom? Mungkinkah hal tersebut diwujudkan pada usia muda?

Dalam artikel ini, VOI telah merangkum sejumlah informasi tentang apa itu financial freedom beserta cara mewujudkannya di usia muda. Baca terus sampai akhir, ya!

Apa itu Financial Freedom?

Finansial freedom berasal dari kata-kata bahasa Inggris. Secara harfiah, istilah ini dapat diartikan sebagai “kebebasan finansial”.

Adapun yang dimaksud dengan financial freedom adalah sebuah kondisi di mana seorang individu telah mapan dari segi keuangan atau finansial.

Individu yang telah meraih kebebasan finansial tidak akan lagi khawatir tentang masalah keuangan. Pasalnya, mereka telah memiliki anggaran yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhannya, bahkan mengakses barang-barang yang diinginkan.

Seorang individu bisa dianggap telah mencapai kebebasan finansial ketika memiliki uang yang cukup untuk hidup, memiliki tabungan, dana darurat dan asuransi, serta tidak memiliki utang.

Individu yang sudah berada di titik ini, bisa dengan mudah melakukan apapun yang inginkan tanpa perlu khawatir dengan kondisi keuangan.

Bagaimana Cara Meraih Financial Freedom?

Telah disinggung di atas bahwa kebebasan finansial tidak datang begitu saja. Dibutuhkan usaha yang gigih untuk mewujudkan financial freedom.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak mencapai kebebasan di usia muda. Anda bisa mewujudkannya asalkan konsisten dalam segala hal.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meraih cita-cita  financial freedom:

  • Menganalisis kondisi keuangan: langkah awal untuk mewujudkan financial freedom adalah dengan menganalisis kondisi uangan. Perhatikan bagaimana kondisi pengeluaran Anda selama ini? Bila pengeluaran lebih besar dari pemasukan, coba hitung kembali dan lakukan pemangkasan. Bila tidak bisa dipangkas, maka Anda memerlukan penghasilan tambahan. Misalnya dengan melakukan pekerjaan sampingan atau menjadi freelancer di luar pekerjaan utama.
  • Melunasi utang: Cara meraih financial freedom yang kedua adalah dengan melunasi utang yang tidak produktif. Beban cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan akan membuat Anda kesulitan untuk menabung dan mengumpulkan dana darurat.
  • Rajin menabung: Menabung merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai kebebasan finansial. Bila utang Anda sudah lunas, sisihkan sekitar 40 persen dari pendapatan Anda untuk ditabung. Dana yang Anda tabung nantinya bisa dijadikan sebagai pegangan supaya hidup Anda senantiasa aman, terlebih bila ada hal-hal yang tidak terduga, seperti jatuh sakit, kecelakaan, atau risiko lain.
  • Investasi: Selain menabung, Anda juga disarankan untuk berinvestasi agar dapat mencapai financial freedom. Dengan investasi, Anda bisa mendapat penghasilan tambahan serta menambah dana tabungan.
  • Menerapkan gaya hidup sederhana: Berhentilah berfoya-foya dan mulailah menerapkan gaya hidup sederhana bila ingin meraih kebebasan finansial. Sesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan. Cobalah untuk mengatur biaya-biaya kebutuhan primer terlebih dahulu sebelum keinginan lain.

Demikian Informasi tentang apa itu financial freedom beserta cara mewujudkannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.