Survei BI ungkap Optimisme Konsumen Terus Menurun, Ekonomi Masih Kuat?
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Hasil Survei Bank Indonesia (BI) pada Juli 2023 mendapati bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) berada di level 123,5. Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa angka tersebut masuk dalam zona optimistis karena melebihi level 100.

“Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Selasa, 8 Agustus.

Erwin mengklaim tetap kuatnya keyakinan konsumen pada Juli 2023 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimis.

“IKE tetap terjaga antara lain didukung oleh optimisme pada indeks penghasilan saat Ini yang tetap kuat dan indeks pembelian barang tahan lama yang meningkat,” tuturnya.

Sementara itu, sambung Erwin, IEK tetap kuat terutama pada Indeks Ekspektasi Penghasilan.

VOI mencatat, level IKK terus mengalami penurunan selama dua bulan berturut-turut. Diketahui bahwa Indeks Keyakinan Konsumen Juni 2023 berada di level 127,1. Kemudian pada Mei 2023 sebesar 128,3.

Disisi lain, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukan peningkatan dengan bertengger di angka 5,17 persen year on year (yoy) pada kuartal II/2023. Bukuan itu lebih baik dari kuartal sebelumnya 5,03 pesen.

Torehan ini sekaligus memperpanjang rekor pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dalam tujuh kuartal berturut-turut sejak pengujung 2021.