Pastikan Aman, Pertamina Pastikan Stok Elpiji 3 Kg Capai 15 Hari
Ilustrasi elpiji 3 kg (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan stok tabung gas elpiji 3 kilogram berada pada batas aman. Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution mengungkapkan jika Pertamina memastikan stok gas dijaga pada kisaran 14 hingga 15 hari.

"Pada dasarnya stok elpiji berkisar 14 hari dan ini cukup aman. Progosa kami sampai akhir tahun nanti kami akan menjaga stok di kisaran 14-15 hari,"ujarnya dalam konferensi pers secara daring, Kamis 3 Agustus.

Alfian menambahkan, pasokan elpiji di bulan Juli berada sedikit di atas sales pada bulan Juli yakni sebesar 700.000 metrik ton, sementara sales di bulan Juni sebesar 650.000 MT atau sekitra 5 persen.

"Jadi pasokan yang kita lakukan pada bulan Juli pada dasarnya di atas bulan Juni.Kami tambah sekitar 5 persen di bulan Juli lalu," imbuh Alfian.

Ia melanjutkan, ketahanan stok ini akan terus dilakukan baik dengan menambah produksi dalam negeri maupun impor. Dengan cara ini dirinya yakin bisa menahan stok elpiji di posisi 14 hingga 15 hari.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan, pihaknya menyiapkan 46 terminal elpiji yang tersebar di seluruth wilayah Indonesia, 699 stasiun elpiji atau SPBE dan 5.200 agen yang tersebar di wilayah yang mengkonsumsi elpiji 3 kilogram yakni dari SUmatera ingga Sulawesi.

"Kita juga menyiapkan 244.000 pangkalan elpiji 3 kg di mana jumlah ini, kami terus berupaya meingkatkan jumlah pangkalan tersbut dalam kaitannya untuk menjangkau masyarakat lebih jauh lagi dan mempermudah masyarakat mendapat elpiji," kata dia.

Terkait isu tersendatnya pendistribusian elpiji 3 kg, Riva mengaku pihaknya telah melakukan kunjungan dan inspeksi ke lokasi kelangkaan dan mendapati terdapat tren peningkatan permintaan yang diakibatkan adanya beberapa hari libur nasional. Namun demikian ia menagku pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh region untuk dapat melakukan pasokan secara terukur dan tetap mengacu pada kuota yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Kami memastikan tidak ada gangguan dalam penyaluran elpiji 3kg dan kami akan terus memastikan hal tersebut," pungkas Riva.