Survei BI Ungkap Optimisme Konsumen Turun Memasuki Paruh Kedua 2023
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa berdasarkan hasil survei terbaru, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2023 berada di level 127,1.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan bahwa angka tersebut masih berada dalam zona optimis karena melebihi batas 100.

“Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juni 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat,” ujarnya dalam siaran pers hari ini, Senin, 10 Juli.

Menurut Erwin, terjaganya optimisme konsumen pada Juni 2023 didorong oleh tetap kuatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

“IKE tetap terjaga terutama didukung oleh Indeks Penghasilan saat ini yang tetap stabil dibandingkan bulan sebelumnya,” tutur dia.

Redaksi mencatat, torehan yang dibuat bulan lalu tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan Mei 2023 yang sebesar 128,3. Adapun, untuk periode April 2023 diketahui bertengger di angka 126,1.

“Sementara itu, IEK tetap kuat terutama didorong oleh komponen Indeks Ekspektasi Penghasilan yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya,” tutup dia.