4 Strategi Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!
Ilustrasi emas batangan (Foto: Global_Intergold/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Investasi emas untuk dana pendidikan anak? Mengapa tidak. Emas adalah instrument investasi paling aman dan likuid.

Emas dapat menjadi pilihan investasi untuk menyiapkan dana pendidikan anak karena nilainya cenderung naik dari tahun ke tahun. Selain itu, emas juga mudah dicairkan jika Anda sedang butuh dana mendesak.

Lantas, bagaimana strategi investasi emas untuk dana pendidikan anak? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Strategi Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin 8 Mei 2023, berikut strategi investasi emas untuk menyiapkan dana pendidikan anak:

  1. Tentukan jenis investasi emas

Apabila Anda ingin menyiapkan dana pendidikan anak, jenis emas yang cocok digunakan sebagai aset investasi adalah emas batangan, bukan emas perhiasan.

Alasan jenis emas ini cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang karena kandungan emas murni yang ada di dalamnya memiliki kadar hingga 24 karat.

Artinya, emas yang terkandung di dalamnya mencapai 99,9 persen. Berbeda halnya dengan jenis lainnya, seperti perhiasan, karena sering kali menggunakan berbagai campuran logam.

Terkait hal ini, Anda dapat membeli emas batangan dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 gram, 2,5 gram, 5 gram, 100 gram, 500 gram, 1 kilogram, dan seterusnya.

  1. Mulai dengan modal yang Anda punya

Investasi emas bisa dimulai kapan saja, bahkan dengan modal yang kecil sekalipun, Anda tetap bisa membeli emas.

Terkait hal ini, Anda bisa membeli emas langsung di toko emas dan butik Antam, atau beli secara online lewat aplikasi e-commerce dan Pegadaian.

  1. Rutin dan disiplin

Kunci keberhasilan investasi emas adalah sabar dan tidak tergoda untuk spekulasi, serta disiplin dalam eksekusi.  

Anda tidak perlu membeli emas dalam jumlah besar jika belum mampu. Membeli dalam jumlah kecil tetapi rutin dan disiplin akan lebih membawa hasil.

Supaya tujuan Anda cepat tercapai, mulailah rutin menyisihkan sebesar 10 persen atu lebih dari pendapatan untuk investasi emas. Lalu, sebisa mungkin kurangi pengeluaran konsumtif. Lebih baik alihkan dana konsumtif untuk menambah nilai tabungan emas.

  1. Jangan terburu-buru mencairkan emas

Jika Anda melakukan investasi emas untuk dana pendidikan anak, jangan tergoda untuk mencairkannya.

Jangan terburu-buru mencairkan emas yang Anda miliki. Pilih pencairan di waktu terbaik, yakni pada saat harga emas sedang naik atau tinggi. Anda bisa menikmati keuntungan investasi emas secara maksimal ketika ada kenaikan harga.

Akan tetapi, hal terpenting adalah lakukan pencairan hanya ketika Anda memang membutuhkannya untuk biaya pendidikan anak-anak, bukan kepentingan lainnya.

Demikian informasi tetang strategi investasi emas untuk dana pendidikan anak. Semoga Artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.