Jadi Ajang Promosi Produk Lokal, 67 UMKM Ramaikan Bazar di Kemenkop UKM
Ilustrasi UMKM (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan akses promosi, belanja, dan penggunaan produk UMKM pada momen Lebaran 2023, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyelenggarakan Bazar Produk UMKM bertajuk "Bertumbuh dan Meraih Berkah Bersama UMKM" di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, pada Rabu, 12 April.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan mulai 12 April sampai dengan 14 April 2023 tersebut diikuti oleh 67 UMKM.

"Bazar Ramadan ini diikuti 67 UMKM. Ada di lobby 20 UMKM dengan produk fesyen, craft/aksesoris, dan di lobby luar ada lima UMKM dengan produk makanan siap saji/tajil, serta di halaman depan ada 42 UMKM dengan produk makanan, minuman, termasuk sembako dan frozen food," kata Yulius lewat keterangan resminya, dikutip Kamis, 13 April.

Yulius menambahkan, pelaksanaan Bazar Ramadan 1444 H ini merupakan kegiatan kali pertama yang dilaksanakan KemenKopUKM semenjak pandemi.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat produk-produk unggulan UMKM dan mendukung pemulihan ekonomi UMKM, serta berkontribusi bagi tercapainya Indonesia emas tahun 2045.

"Para pelaku UMKM diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia dengan menghasilkan karya dan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing," ujarnya.

Selain itu, produk UMKM yang unggul dan berkualitas diharapkan dapat tersaji dalam kegiatan Bazar ini. Bazar juga diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM agar semakin dikenal secara luas oleh masyarakat, sehingga akan membangkitkan rasa cinta dan bangga kepada produk-produk Indonesia.

Menurut Yulius, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar berbelanja produk UMKM.

"Harapannya ke depan, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terselenggara secara berkelanjutan melalui kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak terkait," ucapnya.

Adapun Bazar ini didudukung oleh perusahaan BUMN dan swasta, seperti BUMN yang meliputi PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Perum Bulog, dan PT Pegadaian. Terdapat pula dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Indofood, Garudafood, Wardah, Alfamart, dan lainnya.