Bali Duduki Peringkat Kedua Destinasi Wisata Populer di Dunia, Kemenparekraf: Kualitas dan Kuantitas Ulasan Jadi Indikator Penilaian
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bali kembali mendapatkan penghargaan tingkat dunia dari situs perjalanan TripAdvisor dengan menobatkan Pulau Dewata sebagai destinasi terpopuler kedua di dunia, mengungguli London di posisi ketiga dan Paris di posisi kelima, pada tahun ini.

Merespons hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut memberikan apresiasinya yang masih menjadikan Bali sebagai top of mind para wisatawan untuk berwisata.

"Bali naik dua peringkat, dari peringkat keempat pada 2022 menjadi peringkat kedua pada 2023, berhasil mengalahkan London di peringkat ketiga dan Paris di peringkat kelima," kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Selasa, 24 Januari.

Sandiaga menyebut, ada dua indikator penilaian yang menjadikan Bali sebagai destinasi terpopuler kedua di dunia 2023 versi TripAdvisor.

"Indikator penilaian Travelers' Choice Award for Destinations berdasarkan pada kualitas dan kuantitas ulasan selama periode November 2021-Oktober 2022," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Sandiaga, Bali bisa menjadi pengumpan bagi lima destinasi super prioritas lainnya, sehingga bisa mendapatkan penghargaan yang sama ke depannya.

"Mudah-mudahan dalam lima tahun ke depan, ada satu destinasi super prioritas kami yang menembus top 10 ini dan saya harapkan Bali juga bisa masuk sebagai peringkat pertama di tahun-tahun yang akan datang," ungkapnya.

"Ini merupakan suatu prestasi yang patut kami syukuri sama-sama," pungkasnya.

Sebelumnya, Bali diketahui menduduki peringkat keempat pada 2022. Namun, kini pesona Bali mampu menduduki peringkat kedua dalam 10 destinasi wisata terpopuler 2023 versi TripAdvisor.