Manfaatkan KTT G20, Telkom Jadi 'Makcomblang' Perjodohan Beberapa <i>Startup</i> dengan Investor Global
Foto: Dok. VOI/Mery Handayani

Bagikan:

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengupayakan penjodohan atau menjadi 'makcomblang' antara startup dengan investor-investor di acara rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Startup tersebut merupakan perusahaan yang turut dikembangkan oleh Telkom.

Direktur Digital Telkom Indonesia Fajrin Rasyid mengatakan, sudah ada startup yang berhasil terhubung dengan investor. Kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumumkan kerja sama yang diraih perusahaan rintisan tersebut.

"Jadi sudah ada beberapa kandidat startup dan investor yang berhasil kami 'makcomblangkan' begitu istilahnya. Kami match-kan yang insya Allah kalau misalnya lancar beberapa startup dan investor ini akan kami launch kerja sama," kata Fajrin, dalam acara Ngopi BUMN, Selasa, 8 November.

"Perjanjian startup dan investor ini di acara B20 pada Senin atau Selasa minggu depan sebagai acara rangkaian B20 dan G20 Summit," sambungnya.

Namun sayang, Fajrin tidak menjelaskan lebih detail mengenai startup mana saja yang akan menggandeng investor global. Fajrin hanya mengatakan bahwa beberapa sektor ada yang sudah mendekati tahap final.

Kata Fajrin, salah satu startup yang bakal menggandeng investor global ada di bidang perdagangan atau commerce. Kemudian, ada juga dari bidang identification.

"Beberapa startup hampir close, ada di commerce di bidang ID, Identification, most-likely ini, beberapa lagi masih diskusi, ada matchmaking 1-2 bulan terakhir. Setelah itu startup dan investor diskusi lebih dalam, jumlahnya bisa belum terlalu banyak di-launch," jelasnya.

"Sangat mungkin setelah itu ada kesempatan lanjutan setelah itu," tutupnya.