Garuda Indonesia Berharap Permintaan Penerbangan Semakin Marak setelah Dibukanya Kembali Perjalanan ke Jepang
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Garuda Indonesia berharap kebijakan Pemerintah Jepang yang membuka kembali perjalanan bagi turis asing dengan bebas visa ke Jepang mulai 11 Oktober 2022 dapat meningkatkan permintaan penerbangan.

"Tentunya dengan dibukanya kembali perjalanan turis ke Jepang 11 Oktober ini, demand bisa terpenuhi dan meningkat," kata General Manager Garuda Indonesia untuk Jepang dan Korea Sony Sahlan, dikutip dari Antara, Rabu 12 Oktober.

Meskipun kebijakan tersebut membuka arus turis asing ke Jepang, Sony menilai hal itu juga bisa memantik minat turis Jepang ke Indonesia, terutama ke Bali karena menandakan kesiapan Jepang dan warganya untuk memulai kembali perjalanan pascapandemi.

"Market untuk penerbangan ke Bali ini ‘kan turis Jepang. Kita harapkan wisatawan bisa berkunjung ke Bali sebanyak-banyaknya," katanya.

Sony menuturkan pembukaan kembali perjalanan bagi turis ke Jepang juga yang mendorong Garuda Indonesia untuk mengoperasikan lagi rute Tokyo-Denpasar PP mulai 1 November 2022.

"Kita sebetulnya sudah lama ingin buka penerbangan ke Bali ini, cuma kita menyesuaikan Jepang. Waktu itu Bali sudah siap, Jepangnya belum. Kita tidak bisa mengandalkan penumpang Bali yang ke Jepang saja, enggak akan efektif. Dengan adanya Jepang buka lagi 11 Oktober mau tidak mau kita siap walaupun waktunya agak menantang," katanya.

Dia berharap dengan pembukaan kembali rute tersebut dapat mendukung program pemerintah untuk mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak-banyaknya pascapandemi.

Garuda Indonesia akan mengoperasikan kembali rute Tokyo-Denpasar PP mulai 1 November 2022 tersebut melalui Bandara Narita dengan frekuensi sebanyak tiga kali dalam seminggu, di antaranya setiap Selasa, Kamis dan Sabtu dengan nomor penerbangan GA881 dan GA880.

Rute tersebut terakhir kali beroperasi pada 2019 atau sebelum pandemi COVID-19 dengan frekuensi setiap hari.

Selama pandemi Garuda sudah mengoperasikan penerbangan dari Tokyo, namun tidak langsung karena rutenya Manado-Tokyo- Denpasar dan dari Manado menuju Tokyo itu hanya penerbangan kargo.

Jepang membuka kembali perjalanan dengan bebas visa mulai 11 Oktober 2022 bagi turis dari berbagai negara, salah satunya Indonesia, sebagai upaya guna memulihkan kembali perekonomian negara tersebut, terutama dari sektor pariwisata.