Pencairan JHT Balik ke Aturan Lama Bahkan Dipermudah, Menaker Ida: Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan Tetap Berlaku
Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah. (Foto: Dok. Kemenaker)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan aturah program Jaminan Hari Tua (JHT) kembali ke aturan lama. Artinya, aturan mengenai pencairan JHT di usia 56 tahun dibatalkan. Ida pun memastikan bahwa program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) tetap berlaku. Bahkan, sudah ada pekerja yang mengklaim.

Dengan demikian, lanjut Ida, saat ini berlaku dua program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk memproteksi pekerja/buruh yang kehilangan pekerjaan, yaitu berupa JHT dan JKP.

"Beberapa pekerja ter-PHK sudah ada yang mengklaim dan mendapatkan uang tunai dari program JKP," tuturnya, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 2 Maret.

Ida mengatakan JKP memiliki tiga manfaat yang dapat diperoleh oleh peserta JKP yakni manfaat uang tunai, akses terhadap informasi pekerjaan melalui situs pasker.id, serta pelatihan untuk skilling, upskilling maupun re-skilling.

Sekadar informasi, menindaklanjuti arahan Presiden terkait tata cara persyaratan dan pembayaran JHT yang perlu dipermudah, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) pun direvisi.

"Pada prinsipnya, ketentuan tentang klaim JHT sesuai dengan aturan lama, bahkan dipermudah," katanya.

Sebagai upaya untuk mempercepat proses revisi, kata Ida, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) saat ini aktif melakukan serap aspirasi bersama Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Kemnaker juga secara intens berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Kementerian/Lembaga terkait.

"Kami sedang melakukan revisi Permenaker Nomor 2 Tahun 2022, insyaallah segera selesai. Kami terus melakukan serap aspirasi bersama Serikat Pekerja/Serikat Buruh, serta secara intens berkomunikasi dengan Kementerian/Lembaga" tegas Menaker Ida.