Sandiaga Bawa Kabar Gembira: Hotel untuk KTT G20 di Bali Telah Tersertifikasi CHSE
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan hotel-hotel yang menjadi fasilitas akomodasi bagi kegiatan konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali tahun 2022 telah tersertifikasi CHSE.

Sekadar informasi, CHSE merupakan singkatan dari Cleanliness atau kebersihan, Health atau kesehatan, Safety atau keamanan, dan Environment Sustainability atau kelestarian lingkungan.

"Proses sertifikasi CHSE terus berjalan sebagai bagian dari persiapan G20," tuturnya dalam weekly press briefing, Senin, 6 Desember.

Sandiaga menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu Kemenparekraf bekerja sama dengan Badan Standar Nasional (BSN) meluncurkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan skema akreditasi CHSE.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa skema akreditasi CHSE tersebut menjadi salah satu upaya menjamin validitas dan reliabilitas melalui tanda Indonesia Care yang mencerminkan pemulihan pariwisata nasional.

Tak hanya itu, kata Sandiaga, Kemenparekraf juga menyiapkan beberapa event dengan bertanggung jawab sebagai koordinator tiga kelompok kerja dari 11 working group yaitu Tourism Working Group International Financial Architecture Working Group, dan Sustainable Finance Working Group.

Kemudian, Sandiaga mengatakan bahwa pihaknya juga telah mempersiapkan tour sebelum dan sesudah KTT G20. Adapun Rencananya akan terdapat 46 paket wisata yang terdiri dari 27 excursion package (paket wisata) dan 19 post tour package (paket pasca wisata).

Lebih lanjut, kata Sandiaga, paket wisata ini berlokasi di sejumlah tempat seperti 19 paket wisata di provinsi Bali, dua paket wisata dan dua paket pasca wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat; enam paket pasca wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kemudian, enam paket wisata dan tiga paket pasca wisata di Yogyakarta. Lalu, 6 paket pasca wisata di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Untuk provinsi Bali sendiri ada beberapa lokasi seperti Garuda Wisnu Kencana, Desa Carang Sari Kintamani Gunung Batur dan kawasan Ubud," ucapnya.

Sandiaga mengatakan bahwa nantinya di setiap lokasi akan dilaksanakan pemeriksaan terkait rekomendasi destinasi dan akomodasi para delegasi G20.