<i>Hikayat Pohon Ganja</i> dan Buku Marijuana Lain Milik Jeff Smith
Artis Jeff Smith (Foto: Ig @mr.jeffsmith)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penangkapan aktor muda, Jeff Smith atas penggunaan ganja memunculkan banyak isu menarik. Salah satunya perihal buku soal tanaman ganja yang di rampas bersama Jeff Smith di kediamannya di Jagakarsa Jakarta Selatan.

Salah satu buku yang telah diamankan polisi adalah Hikayat Pohon Ganja, buku rilisan Lingkar Ganja Nusantara (LGN). Hikayat Pohon Ganja adalah buku pertama sekaligus yang paling lengkap mengulas ganja di Indonesia secara objektif.

Dalam buku ini LGN menghadirkan berbagai fakta dan data terkait pemanfaatan tanaman ganja di Nusantara. "Hal menarik kita menemukan empat buah buku yang berkaitan dengan tanaman ganja," kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo di Polres Jakarta Barat, Senin, 21 April.

[RESENSI BUKU: Hikayat Pohon Ganja dan Narasi Manfaat Pohon Kehidupan]

Buku bertema ganja masih didalami

Terhadap awak media pada sua pers yang digelar di Polres Metro Jakarta Barat, Senin, 19 April, polisi mengatakan bakal mendalami temuan itu. Bagi Ady, temuan itu termasuk hal yang menarik dari penangkapan Jeff Smith.

"Makanya tadi hal menarik kita menemukan empat buah buku yang berkaitan dengan tanaman ganja ... Nanti kita dalami, yang pasti sementara kita fokus kepada unsur pidana," ujar Ady.

Masih terkait empat buku milik Jeff Smith itu, Ady kembali menegaskan pihaknya masih mendalaminya. Untuk saat ini polisi masih berkonsentrasi pada dugaan penyalahgunaan narkotika.

"Jadi menang ini sedang kita dalami. Kita fokus pada unsur pasal penyalahgunaan," tegas Ady.

Sebelumnya, Kanit I Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Arif Purnama Oktora dalam keterangannya, Sabtu, 17 April menerangkan pihaknya menemukan empat buku bacaan tentang ganja. Buku-buku itu didapatkan setelah penangkapan Jeff Smith di kediamannya, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Ada buku bacaan tentang ganja yang ditemukan pada saat memeriksa di rumah JS. Sudah disita," kata Arif.

[TULISAN SERI: Jangan Panik Ini Organik]

Koleksi literasi ganja Jeff Smith

Terhadap polisi, Jeff Smith malah mengaku memang mengoleksi buku soal ganja itu. Dinyatakan Jeff Smith, buku-buku itu hanya untuk edukasinya semata saja.

"Menurut JS untuk edukasi tentang ganja," tambah Arif.

Sebagai tambahan info, Jeff Smith diringkus oleh Unit 1 Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di bawah pimpinan AKP Arif Purnama Oktora pada Kamis, 15 April 2021. Dalam penangkapan itu, polisi menyita narkoba di dalam mobilnya.

Setelah penangkapan, polisi kemudian melaksanakan pengetesan urin kepada Jeff Smith. Hasil percobaan urinJeff Smith itu dilaporkan positif mengandung ganja.

*Selain buku soal tanaman ganja yang di rampas bersama Jeff Smith, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

BERNAS Lainnya