Prajurit TNI Jadi Guru Komputer untuk Anak-Anak di Perbatasan
Foto via Dispenad

Bagikan:

JAKARTA - Berkembangnya teknologi yang semakin pesat dan kurangnya fasilitas ilmu teknologi di perbatasan membuat Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns berinisiasi untuk mengajarkan ilmu komputer dasar kepada anak-anak di Dusun Panga, Desa Semanget, Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau.

Mereka yang menjadi 'guru komputer' adalah 4 orang personel Pos Panga Satgas Pamtas 643/Wns dipimpin Serda Soni Anja Eswara kepada anak-anak usia SD dan SMP di Dusun Panga, Desa Semanget, Kecamatan Entikong.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Kamis 7 Oktober.

Kata Dansatgas, pengajaran ilmu pengetahuan komputer ini sangat berguna bagi anak-anak ketika minimnya fasilitas komputer di sekolah perbatasan dan juga di masa pandemi COVID-19 ini yang mengharuskan belajar secara daring.

"Teknologi komputer sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah, untuk itu pengetahuan dasar tentang komputer wajib untuk dikenalkan sejak dini, sehingga nantinya mereka bisa lebih terbiasa dengan teknologi komputer dalam berbagai jenjang pendidikan,” ucap Letkol Hendro.

"Seperti diketahui komputer bukanlah hal yang asing pada saat sekarang dan pada saat mencari pekerjaan selalu ada persyaratan menguasai komputer, dengan dasar ini maka kami berinisiatif untuk mengajarkan kepada anak-anak sejak dini sehingga dapat membantu masa depan mereka dan juga dapat membangun wilayah perbatasan,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Panga Letda Inf Yopi Prasetyo mengatakan bahwa pengenalan materi dasar komputer sengaja diajarkan mengingat kurangnya sarana serta guru yang membidangi materi IT di sekolah di desa tersebut, ditambah dengan semakin majunya kehidupan manusia sehari-hari sehingga jika mereka tidak mendapatkan pembelajaran komputer dari sekarang, maka akan mempersulit masa depan anak tersebut.

“Kita ajarkan materi dasar komputer kepada anak-anak, diawali dengan menghidupkan dan mematikan komputer lalu pengenalan aplikasi dasar komputer lainnya seperti word, exel, powerpoint dan cara membuka internet,” ujarnya.

Siska salah satu anak didik mengucapkan rasa terima kasihnya kepada personel Satgas di Pos Panga karena dengan kesabaran mengajarkan ilmu komputer sehingga dirinya dan teman-teman bisa mengoperasionalkan komputer.

“Terima kasih Om Tentara, sekarang saya dan teman-teman sudah bisa komputer, jadi rasanya senang sekali akhirnya saya dan teman-teman tahu dan bisa menggunakan komputer,” ujarnya.