Ini Bioskop di Jakarta yang Belum Dibuka Hari Ini
ILUSTRASI/PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah membolehkan bioskop di Jakarta untuk dibuka mulai hari ini. Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin menyebut belum semua bioskop di Ibu Kota sudah beroperasi.

Djonny menuturkan, bioskop yang berada di dalam mal sudah dibuka untuk pengunjung yang ingin menonton film. Namun, bioskop yang berada pada bangunan sendiri belum beroperasi.

"Sekarang kan bioskop ada yang sudah buka, ada yang belum dibuka. Bioskop yang stay alone seperti Metropole (Megaria) dan Planet Hollywood itu belum boleh dibuka," kata Djonny saat dihubungi, Kamis, 16 September.

Djonny menjelaskan, selain Jakarta, sejumlah bioskop di Bogor, Depok, dan Kota Tangerang juga sudah dibuka. Lalu, bioskop di luar Jabodetabek seperti Yogyakarta juga sudah beroperasi.

"Tapi besok bakalan nambah lagi karena setiap hari ada perkembangan. Saat ini, (bioskop pada) daerah yang potensial sudah dibuka, sih. Hanya Medan saja belum," ujar dia.

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Gumilar Ekalaya menyebut pihaknya akan melakukan pengawasan pembukaan bioskop secara rutin.

Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dijalankan oleh setiap pengunjung dan pegawai bioskop.

"Kalau pengawasan kita rutin. Kita selalu turun ke lapangan mengecek apakah dari sisi prokesnya sudah dijalankan, apakah PeduliLindungi itu sudah diterapkan," ucap Gumilar.

"Insyaallah kalau bioskop sih dia lebih tertib ya, karena biasanya para penontonnya juga cukup kritis. Kalau ada prokes yang dilanggar, biasanya mereka langsung infokan ke kami. Pasti kita akan cek," lanjutnya.

Saat ini, bioskop yang beroperasi mewajibkan syarat pengunjung harus sudah divaksinasi COVID-19. Akses masuk bioskop menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai skrining pengunjung.

Protokol kesehatan harus dipatuhi oleh semua pihak di dalam gedung bioskop. Misalnya, kapasitas penonton dibatasi 50 persen dalam satu ruangan, termasuk jaga jarak pada kursi antarpenonton.

Terkait