Waspada! Prakiraan Cuaca BMKG Sejumlah Wilayah akan Hujan, Juga Jakarta
Inilah citra satelit yang diifokan BMKG untuk cuaca Minggu, 12 September. (Dok BMKG)

Bagikan:

JAKARTA - Cuaca di akhir pekan ini masih didominasi hujan di sejumlah wilayah di Indonesia juga ibukota Jakarta. Demikian menurut prakiraan cuaca dari BMKG. Karena itu Anda harus waspada saat beraktivitas di luar rumah pada Minggu 12 September ini.

Di pulau Sumatera dan sekitarnya, cuaca di Banda Aceh siang hingga malam di prakirakan akan berawan, Medan, Pekanbaru, Padang dan Palembang akan hujan ringan hingga sedang. Jambi dan Bengkulu akan terjadi hujan dan petir. Pangkal Pinang dan Tanjung Pinang cuaca hujan ringan. Sementara Bandar Lampung cerah berawan.

Serang diprakirakan akan hujan ringan, dan Bandung berawan. Semarang hujan sedang, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar dan Kupang berawan. Mataram hujan ringan.

Cuaca Indonesia. (Dok Antara)
Cuaca Indonesia berawan hingga hujan. (Ilustrasi Antara)

Di Kalimantan, Pontianak dan Palangkaraya akan hujan ringan, dan Banjarmasin cerah berawan. Samarinda dan Tarakan berawan. Manado, Makassar dan Kendari berawan, sedangkan Mamuju hujan ringan. Ambon, Ternate, Manokwari dan Jayapura berawan.

Jakarta Hujan

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Minggu dini hari mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai petir dan angin kencang untuk sejumlah wilayah pada sore hingga malam.

Wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi mengalami cuaca tersebut pada Minggu sore, demikian BPBD DKI yang mengutip sumber dari BMKG.

Jakarta berawan dan hujan. (Ilustrasi Antara)
Jakarta berawan dan hujan. (Ilustrasi Antara)

Sedangkan pada Minggu malam hingga Senin dini hari, hujan petir disertai angin kencang berpotensi terjadi di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Cuaca berawan diperkirakan terjadi secara merata di seluruh wilayah Jakarta pada Minggu pagi. Suhu udara Jakarta pada Minggu berkisar 24-32 derajat celsius dengan tingkat kelembapan udara 80-95 persen.

Demikian prakiraan cuaca dari BMKG untuk hari ini. Semoga bisa menjadi panduan untuk Anda.