Indonesia Lobi Iran Agar Dapat Stok Obat Terapi COVID-19 Remdesivir
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah Indonesia tengah melobi Iran agar mendapatkan stok obat terapi COVID-19 Remdesivir.

“(Pemerintah) melakukan diplomasi seperti dengan negara Iran karena punya stok Remdesivir stok cukup di negaranya dan sebenarnya kita meminta stok yang dimiliki negara mereka untuk dikirim ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan obat di Indonesia,” ujar Siti Nadia dalam keterangan pers virtual, Selasa, 3 Agustus. 

Menurut Siti Nadia, Indonesia kesulitan mendapatkan 3 obat terapi COVID-19 yakni Remdesivir, Favipiravir, Tocilizumab. Padahal kebutuhan obat terapi COVID-19 naik berkali-kali lipat menurut data Kemenkes per Juli. 

“Kita mendapatkan 3 jenis obat ini karena jauh lebih sulit dan tantangan lebih besar mendapatkannya karena penyediaan terbatas. Perusahaan farmasi yang memiliki obat ini tidak banyak, yang sudah mendapat izin edar baru satu perusahaan farmasi sehingga kita perlu mendorong mekanisme lain,” ujar Siti Nadia.

Karena itu, pemerintah tengah berupaya menambah stok obat terapi COVID-19. Menurut Nadia, kebutuhan stok obat Remdesivir memerlukan tamhanan 384 ribu.

“Ini yang sedang kita upayakan mendapatkan dari negara Iran” ujarnya.