Prakiraan Cuaca BMKG Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Daerah, Jakarta Cerah
Cuaca di Jakarta diprakirakan oleh BMKG akan cerah, sedangkan daerah lain hujan dan angin kencang. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Kliamtologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan terjadi hujan lebat hingga angin kencang yang diprakirakan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada Kamis 15 Juli. Sementara untuk cuaca di kota Jakarta dan sekitarnya diprakirakan akan cerah.

Prakiraan hujan sedang hingga lebat akan terjadi di wilayah Pulau Sumatera yakni Provinsi Aceh, dan Sumatera Selatan. Selain itu di Pulau Jawa diprakirakan berlangsung di Banten dan Jawa Barat. Kemudian, sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan di antaranya Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Selanjutnya, seluruh wilayah Pulau Sulawesi di antaranya Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, juga memiliki potensi hujan sedang hingga lebat. Wilayah Papua dan Papua Barat juga demikian.

Sementara Provinsi Maluku harus mewaspadai angin kencang dengan kecepatan di atas 35 km/jam di wilayah Kepulauan Tanimbar. Nusa Tenggara Barat juga harus waspadai peningkatan angin. Terakhir, Nusa Tenggara Timur memiliki potensi angin kencang di wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, dan Pulau Sumba. Selain itu, waspadai potensi kebakaran lahan di NTT.

  

Sementara itu BMKG memprakirakan cuaca di DKI Jakarta cerah sepanjang hari Kamis. Berdasarkan laman resminya, BMKG memprakirakan enam wilayah di Jakarta cerah pada pagi hari dengan suhu udara berkisar 22-31 derajat Celcius.

Cuaca cerah juga di enam wilayah Jakarta berlanjut pada siang harinya dengan kelembaban udara berkisar 60-90 persen. Selanjutnya pada malam hari, BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan terjadi pada wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Demikian dilansir Antara.

Sedangkan wilayah lain seperti Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprakirakan cerah pada malam hari. Pada dini hari seluruh cuaca di wilayah di DKI Jakarta diprakirakan cerah berawan oleh BMKG.