Jokowi Targetkan Penyuntikan Vaksin 3 Juta/Hari, Kemenkeu Tambah Anggaran Sektor Kesehatan
Menkeu Sri Mulyani Indrawati. (Dok. Kemenkeu).

Bagikan:

JAKARTA – Upaya pemerintah untuk meningkatkan penyuntikan vaksin COVID-19 hingga 3 juta per hari, memberikan dampak yang bersar terhadap anggaran belanja negara.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawai melalui saluran CNBC Indonesia, Senin, 12 Juli.

Menurut Ani—sapaan akrab Menkeu, APBN sebagai instrument fiscal pemerintah mempunyai peran sentral dalam mendukung hal tersebut.

 “Kami melakukan refocusing anggaran, artinya belanja-belanja yang dianggap tidak prioritas dan bisa ditunda maka akan dilakukan pengalihan. Nantinya dana refocusing tersebut akan digunakan di bidang kesehatan seperti testing, tracing,dan  treatment  yang terutama untuk membayar biaya pasien terkena COVID-19,” kata Ani.

Menkeu tambah anggaran di sektor kesehatan

Menkeu menambahkan, dalam instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebutkan bahwa program vaksinasi menjadi sangat sentral di tengah peningkatan kasus harian dalam waktu beberapa pekan terakhir. 

“Bapak Presiden mengharapkani vaksinasi bisa ditingkatkan sampai 1 juta perhari dan sekarang sudah bisa dicapai. Lalu, meningkat lagi targetnya menjadi 2 juta perhari dan bahkan diharapkan bisa 3 juta perhari pada akhir tahun ini. Tentu saja, target-target tersebut harus dibarengi dengan mobilitas anggaran yang memadai,” tuturnya.

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan bahwa langkah nyata mendukung vaksinasi dibuktikan dengan penambahan anggaran sektor kesehatan yang telah mengalami revisi penambahan beberapa kali.

“Disinilah belanja untuk kesehatan naik dari sebelumnya di bawah Rp150 triliun menjadi Rp172 triliun dan sekarang sudah Rp193 triliun, sehingga jelas membutuhkan mobilisasi anggaran yang luar biasa. Di sisi lain masyarakat perlu diberikan perlindungan sosial dan ini kita upayakan melalui bansos,” tegasnya.

Sebagai informasi, refocusing APBN semester II 2021 telah berhasil mengumpulkan total dana Rp32,2 triliun. Jumlah tersebut didapat dari refocusing anggaran kementerian/lembaga di tingkat pusat sebesar Rp26,2 triliun serta Rp6 triliun lainnya dari alokasi dana transfer dana desa.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ditarget Jokowi Vaksin 3 Juta Perhari, Sri Mulyani: Mobilisasi Anggaran Luar Biasa.

Selain informasi soal Kemenkeu tambah anggaran sektor kesehatan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!